Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 06 Juni 2024

APBDes 2024 Desa Sidomulyo tanpa Rincian Pekerjaan (Global), Muncul Dugaan Sebagian Besar Proyek Fisik Tidak Sesuai dengan RAB dan Dikerjakan Asal asalan

Lamongan, SNN.com – Dugaan maraknya proyek siluman di Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan perlu adanya tindakan tegas dan serius dari pihak pihak terkait, pasalnya dari data yang dihimpun oleh awak media terpantau beberapa proyek yang dikerjakan tanpa dilengkapi papan informasi sehingga rawan adanya tindakan penyelewengan anggaran dan menjadi ajang korupsi.

Seperti yang terjadi pada pengerjaan proyek pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, yang jelas menggunakan anggaran Dana Desa (DD), tampak miris sekali di dalam pengerjaan proyek tersebut, pengerjaanya terkesan serampangan atau amburadul.

Disinyalir dalam mengerjakan proyek Tembok Penahan Tanah( TPT) tersebut terkesan mengabaikan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) karena tanpa adanya Papan Informasi Proyek (PIP).

Ketua Lembaga Investigasi Negara ikut bersuara, menurutnya sesuai amanat UU RI Nomer 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa kita sebagai warga juga berhak mengawasi jalannya pengerjaan proyek tersebut, karena sumber anggaran yang di gunakan adalah anggaran negara hasil dari pembayaran pajak masyarakat.

“Warga berhak tau anggaran yang di gunakan dari mana, besarnya anggaran berapa dan berapa lama pengerjaannya, karena warga juga punya hak untuk mengawasi sesuai dengan amanat undang undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” tegasnya.
Awak media mencoba mendatangi kantor balai desa dan melihat banner APBDes 2024 yang terpasang hanya total kegiatan tidak ada rincian kegiatan pekerjaan mulai kegiatan Sarpas maupun Non Sarpras. Ada apa dengan pemerintahan desa Sidomulyo?

Seharusnya, pihak kecamatan dalam hal ini Kasi PPM sebagai team pengendali dana desa tingkat kecamatan bertindak tegas dengan adanya APBDes yang hanya memuat total anggaran tanpa rincian dan pekerjaan sarpras yang tidak menggunakan papan kegiatan.

Pertanyaannya, apa pihak kecamatan mandul dalam pengawasan atau ada main mata dengan pemerintahan desa?

Atas adanya temuan di lapangan tersebut, masyarakat dan awak media sebagai sosial kontrol meminta kepada Dinas/Instansi terkait untuk mengkroscek pengerjaan proyek TPT yang ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan dan harus di lakukan pengawasan yang ketat dan penindakan yang tegas agar pengerjaanya tidak merugikan rakyat dan negara. (Galeh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"