Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 15 Agustus 2019

Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2019 Di Terima Bupati Tuban

Tuban, SNN.com - Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Bupati Tuban, H. Fathul Huda di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis ( 15/08/2019 ).

Penyematan penghargaan tersebut merupakan rangkaian Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Satya Lencana Karya Satya ( SLKS ) yang di selenggarakan Pemprov Jawa Timur.

Penghargaan MKK merupakan penghargaan tertinggi yang di berikan pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Prosesi di awali dengan penyematan penghargaan MKK kepada Bupati Tuban yang di lanjutkan dengan penyematan SLKS ini di berikan kepada 150 ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Adapun penerima SLKS terbagi 49 orang menerima SLKS 30 tahun, 67 orang menerima SLKS 20 tahun dan sebanyak 34 orang menerima SLKS 10.

Turut hadir pada kegiatan ini Forkopimda Provinsi Jawa Timur; Pejabat TNI - Polri dan Sipil; serta di ikuti para Aparatur Sipil Negara ( ASN ) penerima penganugerahan tersebut.

Kepada Wartawan, Gubernur Khofifah mengungkapkan penghargaan MKK di terima Bupati Tuban karena menjadi salah satu Kepala Daerah yang sangat peduli dan berperan dalam penyelenggaraan program kependudukan dan keluarga berencana dalam pembangunan keluarga sejahtera.

Lebih lanjut, Kabupaten Tuban dinilai berhasil memberikan pelayanan KB serta mampu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

Di samping itu, mampu meningkatkan partisipasi keluarga dalam kelompok kegiatan seperti Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia dan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga ( UPPKS ) serta membangun Kampung Keluarga Berencana di Kabupaten Tuban.

Gubernur Jatim menambahkan kegiatan penganugerahan ini merupakan bagian dari peringatan HUT RI.  Dengan penghargaan yang di peroleh, para penerima diharapkan terus meningkatkan pengabdian, dedikasi terbaik untuk masyarakat Jawa Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Penganugerahan sebagai wujud apresiasi sekaligus memotivasi para penerima dan ASN lainnya. Tadi saat  bersalaman saya menyampaikan terima kasih atas pengabdiannya dan berharap bisa meningkatkan pengabdian bagi masyarakat Jawa Timur dan masyarakat Indonesia" jelasnya.

Di jumpai usai kegiatan, Bupati Tuban mengungkapkan rasa syukur dan rasa bangga serta ucapan terima kasih kepada semua pihak atas penghargaan yang diraih. Prestasi yang di raih Pemkab Tuban ini merupakan hasil kerja keras serta sinergi dari semua Instansi dan  Stakeholder terkait. ‘

’ Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh masyarakat Tuban. Khususnya Kepada Dinas pemberdayaan masyarakat Desa dan KB, kami sampaikan terima kasih atas hasil kerja kerasnya dalam menurunkan laju pertumbuhan penduduk di Tuban,’’ paparnya.

Bupati Huda berharap penghargaan di pertahankan dan di tingkatkan lagi.‘’ Semoga ke depan semakin banyak lagi inovasi yang muncul. Sehingga, program KKBPK di Tuban semakin optimal,’’ pintanya.

Di samping itu, penghargaan tersebut juga menjadi motivasi bagi OPD lainnya untuk terus meraih prestasi terbaik di bidang masing - masing.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kaluaraga Berencana ( DPMD - KB ) Kabupaten Tuban, Drs. Mahmudi, M.Si., menyampaikan, penghargaan dari BKKBN yang di berikan kepada Pemkab Tuban ini karena berhasil dalam mengawal program KKBPK. Salah satu program yang dinilai sukses adalah Kampung KB. Yakni, upaya untuk mengatur masa kehamilan, kelahiran anak, jarak dan usia melahirkan, serta perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Selain itu, lanjut Mahmudi, sejumlah trobosan inovasi terkait pengendalian penduduk yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, juga di nilai berhasil.‘’ Tentu, semua ini tidak lepas dari peran dan dan Komitmen Bupati dalam melaksanakan program KKBPK,’’ terangnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"