Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 22 Juni 2018

Lopis seberat 1,4 Ton Meriahkan Tradisi Syawalan Di Pekalongan

PEKALONGAN, Sorotnuswantoronews - Perayaan syawalan atau 7 hari setelah hari Raya Idul Fitri dimeriahkan dengan tradisi pembuatan lopis raksasa. lopis ukuran 1400 kg ini dibuat warga  kelurahan Krapyak Kidul Kota Pekalongan selama tiga hari.

Ketua Panitia Syawalan Krapyak Kidul Kota Pekalongan Fahrudin mengatakan bahwa proses pembuatan lopis raksasa tersebut dimulai sejak Minggu (17/6) hingga Selasa malam (19/6).

"Ini tradisi tahunan, tahun ini Lopis seberat 1,4 ton ini dengan tinggi 205 sentimeter dan diameter 237 sentimeter. Lopis ini akan dibagikan kepada para pengunjung secara gratis,” katanya

Fahrudin menambahkan, Untuk pembuatan lopis raksasa ini membutuhkan beras ketan sebanyak 450 kg, daun pisang 250 lembar dan bambu sebanyak 45 batang.

"Untuk pembuatan lopis raksasa ini menghabiskan dana sebesar Rp30 juta. Biaya didapat dari bantuan Pemkot dan iuran warga, " Ujarnya.

Sementara, Evi salah seorang warga Kuripan Kota Pekalongan disela sela acara  mengaku kagum dengan bentuk lopis yg ukuran besar tersebut. " Kok bisa bisanya matang lopis seukuran itu dimasak, " ujarnya keheranan.

Reporter : Istiawan Nurjayanto
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"