Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 18 Februari 2020

Atasi Masalah Di Erersing, Warga Minta Bupati Bangun Puskesmas

Kades Erersing, D. Kumalamen
Dobo, SNN.com - Dua desa di Kecamatan Aru Selatan Utara, desa Erersing dan desa Juring, terkesan selama ini mengalami kesulitan mendapat pelayanan kesehatan.

Menurut Kades Erersing, D. Kumalamen yang dikonfirmasi Jumat (14/02/2020) dikediamannya menuturkan bahwa untuk desa Erersing dan Desa Juring, mempunyai daerah pelayanan di Puskesmas Taberfane, dengan jarak tempuh lebih dari dua jam dengan kendaraan speed boath 15 PK.

Dan karena itu apabila ada warga yang sakit, kata Kades, mereka lebih memilih pergi ke Puskesmas Lorang dengan jarak tempuh kurang dari satu jam, atau ke Puskesmas Benjina dengan jarak tempuh lebih dari satu jam, daripada pergi ke Puskesmas Taberfane dengan jarak tempuh lebih dari dua jam.

“Dari tahun ketahun kondisi pelayanan Kesehatan di desa Erersing memang sulit. Sekalipun ada Pustu didesa kami, itu hanya petugas Sekolah Perawat Kesehatan alias SPK. Dan jika ada penyakit yang tidak bisa diatasi, maka kami harus lari ke Puskesmas Lorang. Dan itulah kondisi kami selama ini, "tuturnya.

Dikatakan, tahun 2019 kemarin, ada warga yang sakit. Mereka pergi ke Puskesmas Lorang untuk perawatan tetapi tidak tertolong karena Dr. tidak berada ditempat. Dan karena tidak ada Dr. maka orang sakit kemudian dibawah pulang untuk rujuk ke Dobo. Saat perahu bertolak dari desa dan masih didepan kampung, ibu yang sakit itu lalu meninggal dunia. Dari kondisi pelayanan kesehatan yang belum menyentuh rakyat di Desa Erersing dan Desa Juring, Kepala Desa D. Kumalamen, meminta Bupati Aru segera tanggap untuk membangun satu unit Puskesmas sebagai jawaban mengatasi masalah kesehatan di Desa Erersing dan juga Desa Juring.

“kalau pengusulan untuk bangun Puskesmas di Desa itu sudah kami usulkan sejak tahun 2016. Bahkan, untuk lahan itu masyarakat sudah siapkan. Hanya tinggal bagaimana Bupati mau menindak lanjuti masalah tersebut. Untuk itu selaku Kepala Desa kami berharap, bapak Bupati bisa segera membangun Puskesmas di desa kami, "Harapnya.

Untuk Desa Rebi dan Desa Lutur, Lanjutnya, bisa punya puskesmas, masing-masing satu unit. bagaimana dengan dua Desa yaitu Desa Erersing dan Desa Juring, tidak bisakah bapak Bupati usahakan satu unit? "Pintanya.

Reporter : Moses K
Editor     : AWI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"