Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 21 Maret 2024

Pemdes Kertosono mengadakan MUSDES LKPJ dan LPPD tahun 2023

Probolinggo, SNN.com - (LKPJ) atau Laporan keterangan pertanggung jawaban adalah laporan berupa informasi penyelenggara pemerintahan selama satu tahun anggaran atau akhir masa jabatan yang disampaikan kepala desa. 

Maka dari itu Pemerintah Desa Kertosono Kecamatan gading, Kabupaten Probolinggo, mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis, 21-03-2024 di Aula balai desa Kertosono ini dihadiri oleh bapak camat gading SATRIO SINUNG RAHARJO, Pendamping Desa, Badan Permusyarawatan Desa (BPD), Perangkat Desa, keterwakilan perempuan, serta tokoh-tokoh masyarakat setempat. 

Pada kesempatan ini, Pemerintah Desa melakukan pemaparan dan uraian pendapatan desa dan belanja bidang penyelenggaraan, yang dilaksanakan tahun 2023.

APBDes yang bersumber dari pendapatan asli desa, pendapatan transfer termasuk Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) serta pendapatan lain desa. Dalam sambutannya SINUNG selaku camat  gading mengatakan bahwa Musyawarah Desa terkait LKPJ/LPPD tahun 2023 ini sebagai bentuk transparansi pemerintah desa pada masyarakat atas penggunaan dana dalam satu tahun anggaran. 

Beliau juga menyampaikan bahwa penyampaian LKPJ merupakan kewajiban selaku Kepala Desa dalam rangka transparansi Pemerintah Desa selama setahun karena menjadi bagian dari mekanisme dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan yang berkaitan dengan penyelenggaraan tugas-tugas pokok dan fungsi Pemerintah Desa. Harapannya dengan musyawarah terkait LKPJ ini masyarakat bisa ikut mengevaluasi pemanfaatan dana yang ada di desa dalam rangka membangun desa, "pungkasnya. (Arifin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"