Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 29 April 2022

Lanal Aru Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AL di SMA Yos Sudarso Dobo


Kepulauan Aru, SNN.com - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Lanal) Aru dibawah komando Letkol Laut (P) R.Heru Cahyono, menggelar sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL Tahun Anggaran (TA) 2022  kepada para siswa - Siswi SMA Katolik Yos Sudarso Dobo. Kegiatan sosialisasi dipimpin oleh Lettu Laut (T) Mancar Hutasoit, Jum'at (29/4/2022).

Lettu Laut (T) Mancar Hutasoit dalam kegiatan itu menyampaikan secara umum tentang TNI Angkatan Laut dan tugas pokoknya dalam menjaga wilayah perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu dijelaskan pula tentang tata cara mendaftar dan proses seleksi untuk menjadi Prajurit TNI AL.

Pantauan Sorot Nuswantoro News.com,  yang paling menarik dalam kegiatan tersebut ditampilkan berbagai pakaian seragam TNI AL yang di peragakan oleh prajurit TNI Lanal Aru serta pemutaran vidio - vidio pasukan khusus TNI AL yang sementara berada di atas KRI pada saat melaksanakan Operasi.

Hal ini ternyata dapat menggugah motivasi para Siswa Siswi SMA Katolik Yos Sudarso Dobo untuk mengikuti seleksi sebagai calon prajurit TNI AL di Tahun 2022 ini.

Seperti yang diutarakan salah satu siswa. Dirinya mengaku ingin menjadi seorang prajurit TNI AL jika lulus ujian nanti.

"Saya ingin jadi Prajurit TNI AL. Ya muda - mudahan tahun ini saya lulus ujian, saya akan mendaftar di TNI AL," ungkap dia seraya meminta namanya tidak disebutkan dalam pemberitaan ini.

Terpisah, Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) R.Heru Cahyono melalui media ini  mengajak putra putri penerus generasnsi bangsa Indonesia khususnya kepada Siswa Siswi SMA Katolik Yos Sudarso Dobo
untuk bergabung melalui seleksi taruna Bintara dan Tamtama TNI AL yang mana selama dalam proses seleksi sampai dengan dilantik menjadi Prajurit TNI AL tidak dipungut biaya sepersen pun atau gratis.

"Jadi apabila ada oknum yang menjanjikan akan membantu kelulusan segera dilaporkan ke Pangkalan TNI AL terdekat atau panitia penerimaan untuk segera ditindaklanjuti karena hal tersebut merupakan suatu modus penipuan," tandas Danlanal.


Lebih lanjut Perwira menengah TNI AL yang baru mengambil alih tongkat kepemimpinan di Pangkalan TNI AL Aru itu memberikan semangat kepada putra - putri di kepulauan Aru bisa mendaftar sebagai calon prajurit TNI AL di Tahun 2022 ini.

"Jangan ragu-ragu untuk mendaftar TNI AL karena proses seleksi dilaksanakan secara transparan tanpa adanya unsur Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Untuk itu, persiapkan diri kalian dalam menghadapi rangkaian proses seleksi yang meliputi tes kesehatan, psikologi, jasmani, mental ideologi, administrasi, dan yang lebih penting dan utama adalah doa restu dari orang tua," ujar Danlanal.

Tambah Danlanal, TNI AL membuka seluas-luasnya penerimaan bagi siapa saja yang memenuhi syarat untuk mendaftar. Para siswa diminta untuk tidak rendah diri dengan melihat latar belakang kehidupan keluarga dan sebagainya. 

"Lanal Aru menjamin bahwa penerimaan di TNI AL sangat transparan, terbuka dan fair serta tidak dipungut biaya satu rupiah pun," tandas Danlanal.

Akhirnya Danlanal berpesan, kepada para siswa, agar memperhatikan setiap materi yang disampaikan terutama dalam hal syarat-syarat yang harus dipenuhi. 

“Persiapkan diri, terutama kesehatan. Juga segala syarat administrasi yang diperlukan sehingga tidak ada lagi yang tidak lengkap saat pendaftaran dibuka sehingga nantinya muncul kader-kader baru dari Kepulauan Aru yang bisa menjadi Prajurit TNI AL," harap Danlanal.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"