Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 18 Desember 2020

Pencangkulan Pertama Project Embung Sambirejo Oleh Danrem 072/ Pamungkas


Gunungkidul, SNN.com - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan pimpin langsung pencangkulan pertama project Embung Sambirejo, Kapanewon Semanu dengan didampingi Dandim 0730/Gunungkidul Letkol Inf Noppy Laksana Armyanto, dan Kapolres Gunungkidul serta Forkopinca Semanu beserta jajaran. Kamis (17/12/2020).

Pembangunan Embung dimaksudkan untuk menyediakan kebutuhan air irigasi untuk pertanian disaat musim kemarau, Embung itu nanti menjadi penampungan tadah air hujan dan lahan disekitarnya akan menjadi hijau dan subur.

Embung tadah hujan, selain berfungsi sebagai solusi kekeringan disaat musim kemarau juga bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian warga Desa setempat dengan penebaran budidaya ikan untuk menambah penghasilan, Juga difungsikan sebagai wahana tempat edukasi wisata masyarakat sekitar.

“Harapannya, kedepan, Embung seperti ini tidak hanya dibangun disini saja, kalau bisa disetiap wilayah Gunungkidul yang membutuhkan air tadah hujan akan dibangun Embung,” kata Danrem 072/Pamungkas.

Pembangunan Embung ini dibangun atas kerjasama Korem 072/Pamungkas dengan pihak swasta serta Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul sehingga sekitar areal Embung untuk mengaliri lahan pertanian dan harapannya kedepan, selain sebagai penampung air, Embung tersebut bisa menjadi wahana wisata Kabupaten Gunungkidul.
.



Direksi PT Amanah Bhakti Pertiwi, Bapak Pratikto dan Bapak Heru Sulistya djanbi yang menjadi Rekanan dari Korem 072/Pamungkas menambahkan, “bahwa program Bapak Jokowi 1.000 (seribu) Embung untuk ketahanan pangan dan untuk mengatasi dikala musim kekeringan di wilayah tersebut, semoga program ini bisa segera terselesaikan dengan cepat, meskipun saat ini masih dalam pandemi covid-19,” Pungkas Pratikto.

Kegiatan berlangsung lancar dan aman sesuai protokol kesehatan, jaga jarak, semua menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir yang telah disiapkan.

Reporter : Asih
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"