Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 10 Juli 2024

Bupati Blora Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik Saat Launching GESEKU

BLORA, SNN.com - Bersamaan melaunching Aplikasi Digital Gerakan Sejuta Kotak Umat (GESEKU), di pendopo Rumah Dinas  Kabupaten,  Rabu (10/7/2024), Bupati Blora, H. Arief Rohman tandaskan,  Pemkab akan terus mendorong agar semakin banyak petani di  Blora bisa memanfaatkan pupuk organik.

Dikemukakan, Kabupaten Blora pada tahun 2023 lalu telah mendapatakan penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif dalam acara Innovation Government Award (IGA). Salah satu inovasinya adalah “Gerakan Masif Menjadikan Kotoran Ternak Bermutu dan Bermanfaat”. 

“ Melalui inovasi itu, Pemerintah Kabupaten Blora secara masif dan sistematis menggerakkan masyarakat peternak untuk mengubah kotoran ternak menjadi pupuk organik, penambah atau pengganti pupuk kimia,” jelas Bupati yang akrab disapa Mas Arief itu. 

Agar mudah diingat, lanjutnya,  nama program tersebut disingkat menjadi “Gerakan Sejuta Kotak Umat (GESEKU)”. Dengan memanfaatkan aplikasi digital ini, Bupati Arief berharap agar laporan pembuatan dan pemanfaatan pupuk organik di tingkat petani dapat dipantau dengan baik oleh petugas di lapangan.

Terpisah, Kepala Dinas P4 Kabupaten Blora, Ngaliman, menuturkan,  di Kabupaten Blora terdapat program Kotak Sejuta Umat, yang mana mengubah kotoran ternak untuk menjadi pupuk organik yang bermanfaat bagi para petani. Aplikasi Geseku tersebut, hadir untuk mempermudah pelaporan program tersebut.

“Dinas Pangan Petanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora telah membuat program Aplikasi Digital Gerakan Sejuta Kotak Umat (GESEKU). Tujuannya untuk mempermudah laporan dan pemantauan dalam pembuatan kotak pupuk serta penggunaan pupuk organik ditingkat masyarakat,” terang Ngaliman
Melalui aplikasi GESEKU, lanjutnya, baik para penyuluh maupun masyarakat dapat mengetahui data-data terkait jumlah kotak pupuk, ketersediaan dan penggunaan pupuk organik, dengan mengakses aplikasi. Sehingga nantinya dapat dipergunakan untuk memantau wilayah mana saja yang perlu dorongan dari Dinas untuk pembuatan pupuk organik.

Prosesi launching Aplikasi GESEKU oleh Bupati Blora bersama dengan Perwakilan dari Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Direktur Polbangtan YOMA dan Kepala DP4 Blora itu, disaksikan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Blora, para pengurus Komda Petani Milenial Blora. 

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"