Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 02 Juli 2024

Meningkatkan dan Menjaga Ketahanan Pangan, TNI AD Pasis Dikrek IXIV Bersinergi dengan Dinas Pertanian Tuban

TUBAN, SNN.com - Kabupaten TUBAN merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi JAWA TIMUR, juga Terletak pada 111 Derajat 30 sampai 112 DERAJAT 35 BT DAN 6 Derajat 40 -  7 DERAJAT 18 LS. 

Yang memiliki luas wilayah daratan Tuban adalah 1839, 94 Km² , dengan panjang pantai 65 KM dan luas wilayah lautan sebesar 22. 608 km2., yang terdiri dari 20 Kecamatan 17 kelurahan dan 311 desa, wilayah tertinggi pada Kecamatan grabagan setinggi 323 mdpl dan terendah pada Kecamatan palang setinggi 2 mdpl. Selasa (02/07/2024). 

Prajurit TNI AD Pasus direk IXIV guna meningkatkan dan menjaga ketahanan pangan menghadiri dinas pertanian Tuban untuk bersama mendengar arah tujuan dan visi misi dari dinas pertanian di Tuban.

Kabupaten Tuban ber visi membangun serta mewujudkan Tuban sejahtera berkeadilan berbudaya berdaya saing dan berbasis lingkungan. 

Dengan misi membangun dan mewujudkan infrastruktur dan utilitas kota yang terpadu partisipatif, efektif berwawasan lingkungan serta selaras dengan pertumbuhan dan pemerataan sosial ekonomi dan budaya serta bertumpu ada nilai-nilai agama dan kearifan lokal. 

Di sisi lain tujuan dan sasaran dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan Kabupaten Tuban yaitu meningkatkan meningkatnya produktivitas dan nilai tambah ekonomi pertanian perikanan, peternakan, perkebunan dengan indikator PDRB sektor pertanian kehutanan dan perikanan sasaran pertama adalah untuk meningkatnya produktivitas tanaman pangan dan produksi unggul pertanian, dengan indikator produktivitas pertanian per hektar, per tahun (Padi, jumlah produksi unggulan pertanian dan jumlah populasi ternak). 

Sasaran kedua meningkatnya produksi potensi unggulan perikanan dengan indikator jumlah total produksi perikanan nilai tambah perikanan. 

Tujuan kedua, terjaminnya ketersediaan pangan sebagai kebutuhan dasar dengan indikator indeks ketahanan pangan sasaran satu meningkatnya ketersediaan, keterjangkauan dan konsumsi pangan, dengan indikator, skor pola pangan harapan ketersediaan dan skor pola pangan harapan konsumsi. 

Diketahui luas wilayah administrasi pertanian Kabupaten Tuban adalah, 183. 994 hektar, luas  lahan pertanian, 159.779 Hektar atau 86,84 % dari luas wilayah. 
Lahan pertanian tersebut terdiri dari 66. 910 Ha lahan persawahan dan lahan pertanian bukan persawahan mencapai 92. 869 hektar, bahkan pada tahun 2023 produksi jagung Kabupaten Tuban menempati posisi di urutan pertama se Jawa Timur dengan produksi padi tertinggi nomor 5 se Jawa Timur dan populasi sapi tertinggi nomor 2 se Jawa Timur. 

Dinas pertanian Tuban juga menciptakan petani milenial berusia 19 sampai 39 tahun dan atau petani yang adaptif terhadap teknologi digital penggunaan alat dan mesin pertanian alsintan/ internet / telepon pintar / eknologi informasi, penggunaan drone dan atau teknik penggunaan kecerdasan buatan. 

Selama tanam dan panen raya Kabupaten Tuban pernah mendapat kunjungan dari presiden Joko Widodo dalam rangka tanam padi di kecamatan merakurak kunjungan menteri koperasi dan UMKM dalam rangka panen padi di kecamatan merakurak tak ketinggalan ke kunjungan wapimpres pakde Karwo panen jagung kunjungan Menteri pertanian panen raya padi di kecamatan Widang kunjungan gubernur Jatim tanam dan panen raya padi di kecamatan Rengel dan panen raya jagung di kecamatan Tambakboyo. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"