Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 19 Juli 2019

Tumangkar Hangremboko Lestari Hanggayuh Desa Petir Kang Sumunar

Gunungkidul, SNN.com - Sejarah berdirinya Desa Petir baru bisa di ketemukan pada masa pemerintahan sekarang ini, meski dalam sejarah dan silsilah Desa Petir sudah berusia satu abad lebih.

Di usianya yang ke seratus tujuh puluh delapan ini baru di ketemukan sejarah Dumadining Desa Petir, sehingga perayaan hari jadi Desa Petir baru di adakan perayaan kirab budaya dan aneka kegiatan lain.

Untuk pertama kalinya Desa Petir merayakan hari jadinya, Hari jadi tersebut mulai di laksanakan pada hari kamis (18/7/19) dengan menggelar malam tirakatan yang di hadiri oleh Kepala Desa Petir beserta Perangkatnya, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan sebagainya.

Berbagai rangkaian acara sudah di siapkan oleh Pemerintah Desa Petir, seperti bakti sosial, donor darah, lomba permainan anak dari TK, SD, Paud, kemudian senam masal dan jalan sehat yang rencananya akan di hadiri oleh wakil Bupati Gunungkidul dan KKN UPM UGK yang rencananya akan di laksanakan pada sabtu (20/7/19).

Menurut Kepala Desa Petir Sarju,SIP.saat pelaksanaan kirab budaya dan tumpengan yang di laksanakan pada jumat(19/7/19) menyampaikan " Meskipun Desa Petir ini berusia sudah lebih satu abad, namun baru di ketemukan sejarahnya pada masa pemerintahan ini.


Meskipun baru pertamakalinya kita mengadakan kirab budaya namun begitu gregetnya masyarakat dalam pelaksanaan ini.

Kirab budaya ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pendahulu pendiri Desa Petir ini, maka mari kita bangun Desa ini dengan guyub rukun mbandol ngrompol hanggayuh Desa Petir kang sumunar, "Pungkasnya.

Dalam kirab tersebut di hadiri oleh Camat Kecamatan Rongkop dan Forum komunikasi Pimpinan Kecamatan (FORKOPIMCA) dan Dinas Kebudayaan Gunungkidul, usai kirab kemudian tumpengan sejumlah dua puluh empat tumpeng yang di sajikan, kemudian tumpeng tersebut di makan bersama dan di bagikan peserta kirab yang berjumlah lima ratus orang yang berasal dari tiga belas Padukuhan se Desa Petir sebagai simbul kebersamaan.

Reporter : Supriyanto
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"