Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 13 Juni 2024

Dankorbrimob Polri Resmikan Mako Pasukan Brimob II di Kutai Kartanegara

KUTAI KARTANEGARA, SNN.com - Menjadi sebuah tonggak sejarah bagi Korps Brimob Polri, Dankorbrimob Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han. Meresmikan Markas Komando Pasukan Brimob II Korps Brimob Polri yang berlokasi di Jonggon Kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, pada Kamis (13/6/2024).

Kegiatan peresmian Markas Komando tersebut berdasarkan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kedatangan Komandan Korps Brimob Polri Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han. disambut dengan hangat  kesenian Tari Persembahan Adat Kutai khas Daerah Kutai Kartanegara Kaltim.

Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han. memimpin langsung peresmian dan penempatan pasukan serta peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Mutallib. Dia berharap Mako Pasukan Brimob II Korps Brimob Polri ini bisa bermanfaat.

"Latar belakang pembangunan Mako Pasukan Brimob II ini adalah pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dengan luas lahan kurang lebih 200 Ha, serta Pasukan Brimob II ini juga melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024 seperti pembangunan IKN serta Upacara HUT RI Ke-79 Tahun 2024 di IKN harus aman. Semoga dengan adanya Pasukan Brimob II bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa," ujar Komjen Imam Widodo.

Mantan Wadan Korbrimob Polri itu menegaskan bahwa kehadiran pasukan Brimob yaitu untuk memelihara keamanan dalam negeri dan situasi keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Jadi, perlu saya tegaskan bahwa Brimob itu pasukan khusus yang tugasnya memelihara keamanan di dalam negeri ini. Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, sehingga diresmikanlah markas Komando Pasukan Brimob II di Kabupaten Kutai Kartanegara," tegasnya.

Masih pada kesempatan yang sama Komjen Imam mengatakan bahwa pembangunan markas tersebut merupakan amanah untuk meningkatkan kamtibmas. Markas itu, lanjutnya, akan menjadi tempat yang ramah, inklusif dan terbuka bagi masyarakat.

"Kami akan menjalin kemitraan dengan institusi lain dan membangun kepercayaan yang kokoh," ucapnya.

"Jadi, kehadiran kami disini untuk menanggulangi situasi darurat, yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan dan bersinergi dengan TNI, Pemerintah Daerah dan Stakeholder lainnya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, sosial dan menangani kejahatan dengan tingkat intensitas tinggi," tambahnya.

Adapun Pasukan Brimob II Korps Brimob Polri dipimpin oleh Brigjen Pol. Arif Budiman, S.I.K, .M.H. dan membawahi 3 resimen (1 Resimen Gegana dan 2 Resimen Pelopor). Selain itu, juga berperan sebagai pembina teknis 13 Satuan Brimob Polda diantaranya (Kaltim, Kaltara, Kalbar, Kalsel, Kalteng, Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Gorontalo, Sulut, NTB dan NTT).

Hadir pada kegiatan tersebut, Pejabat Utama Korps Brimob Polri, Wakapolda Kaltim, Pejabat Utama Polda Kaltim, Danrem 09 ASN, Para Kapolres Se-Kaltim, Para Bupati dan Wali Kota Se-Kaltim, Para Dansat Brimob Polda Se-Kalimantan Sulawesi NTB dan NTT serta Forkopimda.

“Atas nama pribadi dan kesatuan, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah membantu baik secara materil maupun moril, dimana pembangunan dilakukan secara bertahap. Pembangunan menggunakan dana APBN Dipa Polri dan hibah dari Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur,” pungkasnya. 

( ARYA RUSDI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"