Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 06 Juni 2024

Diduga "Teler Sopi" Nahkoda Kapal KM Dandelion Tabrak Dermaga Kroing Pulau Babar

MBD, SNN.com - Diduga akibat meneguk Minuman Keras (Miras) jenis sopi hingga “teler”, Nahkoda KM.Dandelion yang kini belum diketahui persis namanya tadi malam (5/6/2024) sekitar pukul 19.30 wit dilaporkan menabrak bibir Dermaga Kroing di Kecamatan Pulau Babar Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Informasi yang diterima media ini, Kamis (6/6/2024) menyebutkan, lantaran tabrakan kapal ini menyebabkan bagian depan dermaga peot. Bahkan sumber melaporkan juga, sisi dermaga yang terhantam kapal besi bertonase besar itu bergeser sekitar satu meter dan mengalami keretakan serius, terlebih pada badan dan tiang penahan dermaga akibat mendapatkan hantaman keras kapal perintis itu.

Sumber yang enggan mempublikasikan namanya ini meminta pihak Unit Pelayanan Pelabuhan(UPP) MBD menyikapi peristiwa ini. Bila perlu, kata sumber, oknum nahkoda bersangkutan diberikan sanksi dan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku supaya ada efek jerah,

"Termasuk pihak perusahaan pelayaran pengelola moda transportasi laut perintis itu – supaya mereka bisa bertanggungjawab serta membayar ganti-rugi kerusakan infrastruktur publik yang dibangun dengan uang negara tersebut," tandasnya.

Sumber menduga nahkoda kapal ini tak berkonsentrasi ketika kapal hendak merapat ke dermaga, disebabkan sudah ‘puyeng’ dirasuki miras tradisional itu.

Sementara itu, pihak Dermaga Kroing dan pihak otoritas setempat belum berhasil dikonfirmasi terkait peristiwa dimaksud.

Diketahui, KM. Dandelion merupakan kapal pengganti KM.Sabuk Nusantara 60 .R-82Voy-VI. Kapal ini melayari rute perintis Pulau Moa, Luang,Tepa, kroing, Marsela Pulau Dawelor dan Saumlaki pulang – pergi (PP) 

Pewarta : Nus Yerusa/Vin-Ebeth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"