Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 08 Juni 2024

Menjaga Kearifan Lokal, Babinsa Koramil 0812/05 Kembangbahu Hadiri Tradisi Sedekah Bumi

Lamongan, SNN.com – Babinsa Koramil 0812/05 Kembangbahu, Serda Devia Nur Kolis menghadiri kegiatan sedekah bumi yang dilaksanakan di Dusun Kalangan Desa Doyomulyo Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan, Sabtu (08/06/2024).

Kearifan lokal dalam melestarikan tradisi dan budaya melalui Sedekah Bumi biasa digelar  setiap tahunnya oleh masyarakat di Kabupaten Lamongan. Sedekah Bumi merupakan upacara adat istiadat yang mengungkapkan rasa syukur terhadap Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui bumi.Sedekah Bumi juga bisa disebut pesta panen rakyat karena setiap warga membawa hasil panen dan beberapa jajanan daerah berupa onde-onde, kucur, rengginang.

"Kami sangat berterima kasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh Dusun Kalangan Desa Doyomulyo yang masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih diteruskan dan dikenalkan kepada penerus generasi muda.Semoga momen kebersamaan dalam menjalin tali silatirahmi ini bisa terus terjaga" tutur Sang Babinsa.

Sementara itu, Kepala Desa Doyomulyo, Suratno mengatakan bahwa sedekah bumi merupakan hal yang harus dilestarikan ditengah era digitalisasi  yang semakin modern.

"Terimakasih kepada Babinsa yang selalu hadir di tengah tengah kami semua. Kami berharap tradisi sedekah bumi ini bisa menjadi momentum dalam meningkatkan kesadaran berbudaya dan bergotong royong yang dilandasi dengan semangat kebersamaan" ujarnya. (Pendim0812).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"