Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 11 Juni 2024

Tingkatkan Kemampuan Prajurit,Kodim 0812/Lamongan Gelar Latihan Menembak Senjata Ringan

Lamongan, SNN.com - Menembak senjata ringan merupakan kemampuan yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh setiap Prajurit, karena menembak adalah modal utama seorang Tentara.Latihan menembak harus terus dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih, mengasah serta memelihara kemampuan yang sudah dimiliki oleh masing-masing Prajurit.

Mengingat pentingnya kemampuan dasar menembak bagi setiap Prajuritnya, Kodim 0812/Lamongan secara berkala menyelenggarakan latihan menembak senjata ringan Semester I yang diikuti seluruh Anggota dengan senjata yang digunakan SS1 V3 bertempat di Lapangan Tembak Kodim 0812/Lamongan di Desa Jotosanur Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Selasa (11/06/2024).

Kapten Inf Imam Mustain yang bertindak sebagai Komandan Latihan (Danlat) menyampaikan kepada para Peserta agar mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara maupun pelatih yang ada di lapangan.

"Karena sedikit keteledoran akan berakibat fatal.Ada kalanya kita merasa sudah lama menjadi seorang Prajurit, sudah sangat biasa memegang senjata sehingga meremehkan dalam pelaksanaanya yang bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan" ujarnya saat memberikan brifing kepada Peserta latihan.

Dalam Latihan menembak senjata ringan ini, masih lanjut Kapten Imam,faktor keamanan adalah hal yang harus diutamakan.

"Karena sebaik apapun hasil sebuah latihan tidak akan berarti jika terjadi cedera ataupun hal-hal yang tidak diinginkan. Namun sebaliknya, jika latihan berjalan dengan aman dan lancar maka itu adalah sebuah indikator keberhasilan dalam latihan" Sambungnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., saat ditemui di tempat terpisah menambahkan bahwa latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) tersebut dilakukan untuk mengasah, memelihara dan mempertahankan kemampuan menembak personel. 

"Kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan dasar Prajurit TNI yang harus senantiasa diasah dan dilatihkan secara berkelanjutan kepada setiap Personil Militer" ujarnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa dengan latihan menembak, Anggota Kodim 0812/Lamongan dapat melatih kedisiplinan, ketenangan, kesabaran dan akurasi yang tepat. Tak lupa dirinya juga berpesan agar setiap Prajurit mampu mempergunakan waktu latihan dengan sebaik-baiknya sebagai wujud pertanggungjawaban kepada Bangsa dan Negara.

Materi menembak senapan ini diselenggarakan selama 3 hari terhitung mulai hari Selasa dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V3. (Pendim0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"