Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 24 April 2024

Sarana Komsos Bersama Warga,Babinsa Jajaran Kodim 0812/Lamongan terus pantau perkembangan penyakit PMK di wilayah

Lamongan, SNN.com - Babinsa Jajaran Kodim 0812/Lamongan memiliki cara yang unik untuk senantiasa bisa berada di tengah tengah Warga Binaannya. Babinsa datang ke rumah Warga yang memiliki ternak,khususnya sapi untuk melaksanakan komunikasi sosial, bersenda gurau sambil menghimbau dan juga mengedukasi warga tentang virus PMK di berbagai Wilayah di Kabupaten Lamongan,Rabu (24/04/2024).

Walaupun penyebaran PMK di wilayah Kabupaten Lamongan sudah bisa dikendalikan namun Jajaran Babinsa tetap rutin memantau kondisi hewan ternak.Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku.

Pada kesempatan itu, salah satu Babinsa yabng rutin melaksanakan pengecekan terhadap hewan ternak,Serma Sumahadi mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung.

"Kami juga memberi penyuluhan dan pengetahuan. Dengan harapan, para peternak juga bisa bekerja untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus ini. Sehingga, wilayah Kabupaten Lamongan ini aman dari virus PMK" ujarnya.

“Walaupun wabah PMK sudah bisa dikendalikan namun kami akan terus melakukan pengecekan hewan ternak.Untuk itu, kami berharap agar peternak terus menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” Pungkasnya.

Sebagai informasi, PMK ini tidak hanya menyerang pada hewan ternak sapi, karena ada beberapa hewan atau ternak yang rentan tertular seperti kerbau dan kambing, yang dapat menyebabkan nilai jual pada hewan ternak menurun drastis. (Pendim 0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"