Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 21 April 2024

Bacabup Kubar 2024, Frederick Edwin Thomas Membuka Secara Resmi Lomba Tari Kreasi Daerah & Dance Modern

Bakal calon Bupati Kubar Frederick Edwin Thomas
Kutai Barat, SNN.com - Bakal calon Bupati kabupaten Kutai Barat (Kubar) 2024, Frederick Edwin Thomas membuka secara resmi lomba Tari Kreasi Daerah dan Dance modern.

Di gelarnya kegiatan ini dalam rangka memperingati hari RA Kartini yang jatuh pada hari Minggu 21 April 2024.

Di ketahui, kegiatan lomba Tari Kreasi Daerah dan Dance Modern ini terselengara atas kerjasama organisasi DPP Taruna Gharda Mandiri (TGM) kabupaten Kutai Barat dan Komunitas Putri Ringeeng kabupaten Kutai Barat.

Bakal calon Bupati Kutai Barat (Kubar), Frederick Edwin Thomas di pastikan akan maju sebagai kompetitor pada pilkada 2024 mendatang.

Kehadiran putra bungsu dari pasangan Ismail Thomas dan Lucia Mayo pada pembukaan lomba tari kreasi dan lomba Dance modern tersebut turut di damping bakal calon wakil Bupati Nanang Adriani, ketua umum Tim Kampanye Kabupaten Sempekeat Kubar Bersatu (TKK SKB), Bartolomeus Iku, ketua dewan pakar/pengarah Ismail Marzuki, ketua umum DPP TGM Alsiyus, ketua umum komunitas Putri Ringeeng Maria Christina Mozes dan sejumlah undangan lainnya.

Pada acara lomba tari kreasi daerah dan lomba dance modern ini di hadiri kurang lebih 800 orang pengunjung.

Dalam sambutannya, bakal calon Bupati Kubar, Frederick Edwin mengatakan, dirinya menyambut baik serta mengapresiasi atas terselenggaranya event tersebut.

”Atas nama pribadi saya sampaikan terimakasih atas kerjasamanya dalam mensukseskan acara dan kegiatan lomba ini sehingga kita dapat melaksanakannya dengan baik, serta mengapresiasi kepada TGM dan Putri Ringeeng yang telah bekerja maksimal dalam kegiatan ini, ” Kata Frederick Edwin bakal calon Bupati Kubar, Sabtu (20/04/2024) malam, sekaligus membuka secara resmi lomba tari kreasi daerah dan Dance modern berlangsung di halaman sekretariat pemenangan DPP TGM Jalan Gajah Mada Barong Tongkok.
Ketua Umum komunitas Putri Ringeeng Kubar, Maria Christina Mozes
Di kesempatan yang sama. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Putri Ringeeng kabupaten Kutai Barat, Maria Christina Mozes menyebut lomba ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan bakat serta mengajak anak-anak muda agar lebih mencintai kesenian daerahnya sendiri.

”Kita selalu memotivasi anak-anak kita untuk lebih mencintai dan memahami betapa pentingnya mengenal seni dan budaya daerah kita sendiri, karena itu merupakan warisan nenek moyang kita yang harus di lestarikan, ” ujar Ketua umum DPP Putri Ringeeng Kubar, Maria Christina Mozes yang juga istri bakal calon Bupati Kubar.

Secara terpisah, bakal calon Wakil Bupati Kubar Nanang Adriani mengatakan, dirinya menyambut baik serta mengapresiasi atas tersenggaranya acara terssebut.

“Pesan dan kesannya sangat luar biasa saya rasakan, karena ini dalam rangka menggali potensi anak-anak muda kita, dan kita juga salut, ternyata kegiatan ini sangat di minati oleh banyak orang ini patut kita dukung terus agar anak-anak muda kita lebih kreatif lagi untuk berlatih kedepannya. Dan saya secara pribadi sangat  mengagumi atas kreasi anak-anak muda kita di Kutai Barat.“ kata Nanang Adriani, bakal calon wakil Bupati Kubar.

Lomba Tari Kreasi Daerah dan lomba Dance Modern ini memperebutkan hadiah total Rp. 31 juta yang di ikuti sebanyak 17 peserta/kelompok penari yang terbagi dalam dua kategori yakni tari kreasi daerah dan tari Dance modern.
Bakal calon wakil Bupati Kubar Nanang Adriani
Perlombaan ini melibatkan dewan juri dari Sanggar seni Dodo Tana Sendawar asal kampung Pepas Eheng. Dan melalui penilaian dewan juri Sanggar seni Dodo Tana Sendawar yang berasal dari Kampung Pepas Eheng keluar sebagai juara pertama untuk kategori tari kreasi daerah.

Lomba tari kreasi daerah diikuti  peserta dari 10 Sanggar seni diantaranya Sanggar seni Seroyoq, Sanggar Puhunt Ngelewai, Sanggar seni Lentera, Sanggar seni Dodo Tana Sendawar, Sanggar seni Sempekat  Peluant, Sanggar seni Papan Puti, Sanggar seni Tongau Bura, Sanggar seni Sempekat Bangkit, Sanggar seni Bawe Pore dan SMAN 1 Muara Pahu.

Sedangkan lomba Dance Modern diikuti sebanyak 7 peserta diantaranya Whisper, Stargzer, Tiwat, Seroyoq, Shawdow, Meehdayley dan Sempekat Peluatn Dance.

Berikut daftar pemenang dan hadiah lomba Dance modern dan Tari Kreasi Daerah yang menjadi pilihan dewan juri:

       Juara Dance Modern:

1. Wispher Rp. 5.000.000.-
2. Stargzer Rp. 4.000.000.-
3. Seroyoq Rp. 3.000.000.-

      Juara Tari Kreasi Daerah.

1. Sanggar seni tari Dodo Tana Sendawar Rp. 5.000.000.-
2. Sanggar seni Seroyoq Rp. 4.000.000.-
3. Sanggar seni Sempekat Peluatn. Rp. 3.000.000.-

Selain juara utama I, II dan III, panitia juga berikan hadiah untuk juara harapan I, II, dan III.

Ketua umum DPP Taruna Gharda Mandiri Kutai Barat, Alsiyus mengatakan, kegiatan ini terselelenggara dan sukses tidak terlepas dari dukungan dan kerjakeras seluruh panitia.

“Saya atas nama Ketum DPP TGM mengucapkan terikasihkasih khususnya kepada rekan-rekan yang sudah bekerja dengan ikhlas sehingga acara ini berjalan sukses dan aman.
Juga saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kutai Barat yang telah ikut menjaga kamtibmas selama acara berlangsung hingga selesai, “ kata Alsiyus.

Usai pembagian hadiah, di lanjutkan dengan doorprize dengan hadiah Handphone dan hadiah menarik lainnya.  

Reporter : Johansyah
Editor : Wafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"