Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 08 April 2024

Wujud Ketahanan Pangan Nasional, Kodim 0812/Lamongan Sulap Lahan Tidur Jadi Hanpangan Terpadu melalui Tanam Jagung dan Budidaya Lele Hingga Panen

Lamongan, SNN.com - Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Nasional, Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., bersama  Jajaranya yang berada di wilayah Koramil 0812/10 Babat menyulap lahan kosong yang terbengkalai di Tanah milik TNI AD, CTN Rumah Belanda, Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, yang sudah lama terbengkalai menjadikan lahan ketahanan pangan dengan proses penanaman jagung mulai dari masa tanam hing proses pemupukan dan panen. Senin (08/04/2024).

Tanah yang sebelumnya merupakan tanah kosong dan tidak produktif (bekas rumah jaman kolonial Belanda), perlahan dengan tahap pertahapan dirubah menjadi lahan pangan terpadu yang ditanami jagung dan ada pula kolam ikan lele. Dengan kegigihan dan keuletan Dandim 0812 Lamongan beserta Jajaranya menjadi aktor penting didalamnya dalam memberi contoh kepada masyarakat tentang pengolahan lahan kosong menjadi lahan yang bisa di pergunakan dengan menanam jagung dan budidaya ikan lele

Dalam program ketahanan pangan yang di gagas komando atas, Dandim 0812 Lamongan beserta jajaranya dengan melalui proses tahap pertahapan hingga kini melaksanaakan panen jagung dan ikan lele.

Panen kali ini dipimpin langsung oleh Dandim 0812/Lamongan. Dengan turut  serta hadir dalam acara tersebut Perwira Staf dan Danramil Jajaran, Muspika Kecamatan Babat, UPT Pertanian Babat, Jajaran Babinsa Koramil 0812/10 Babat dan Jajaran Bhabinkamtibmas Polsek Babat.

Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han.,mengatakan bahwa panen kali ini dapat terselenggara karena adanya kerjasama yang baik antara Kodim 0812/Lamongan dengan semua pihak terutama dengan memanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif, ini kita lakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah dengan konsep kembali ke pangan lokal.

“Panen jagung ini adalah hasil dari program ketahanan pangan yang sudah diselenggarakan sebelumnya. Mulai dari saat pengolahan lahan, penanaman sampai perawatan tanaman dan diakhiri dengan panen saat ini, semua dikerjakan bersama sama dengan saling berkolaborasi antara TNI Polri dan pemerintah daerah utamanya di wilayah  Koramil 0812/10 Babat” katanya.

Dirinya berharap, dengan panen jagung dan lele ini dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan Nasional seperti yang selama ini menjadi atensi dari Pemerintah maupun Pimpinan TNI Angkatan Darat.

"Walaupun dalam proses perawatan menemui beberapa kendala, termasuk kelangkaan pupuk dan hama yang mengganggu, namun alhamdulillah semua itu dapat teratasi berkat koordinasi dan kerjasama yang baik. Kami berharap kegiatan ini dapat dijadikan contoh untuk masyarakat dalam pemanfaatan lahan tidur yang tidak produktif menjadi lahan produktif dan terpadu" pungkas Dandim 0812/Lamongan.

Selain panen jagung, dilakukan juga kegiatan panen ikan lele. Diketahui bahwa ikan lele merupakan salah satu komoditi unggulan Kabupaten Lamongan yang penuh gizi dan vitamin untuk mengurangi angka stunting. Karna dalam kandungan ikan lele banyak mengadung vitamin dan kandungan omega 3 di dalamya, diharapkan dapat berperan penting dalam menekan angka stunting pada generasi penerus Bangsa Indonesia. 

Dengan demikian, Kodim 0812/Lamongan akan berupaya semaksimal mungkin untuk turut serta dalam memerangi angka stunting khususnya di Wilayah Kabupaten Lamongan. Pungkas Dandim 0812 Lamongan di sela pelaksanaan panen. (Pendim0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"