Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 23 Juli 2023

7 Poin Penting Di HUT Adhyaksa Ke-63. Bayu: Jangkauan Pelayanan Bukan Jadi Hambatan. Kejari Kubar Berhasil Ungkap Perkara Besar Korupsi

Kutai Barat, SNN.com – Kejaksaan Negeri Kutai Barat menggelar syukuran dalam rangka memperingati HUT atau hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang ke-63 tahun jatuh pada Sabtu 22 Juli 2023.

Sebelumnya (Pagi). Kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Barat (Kubar) menggelar upacara peringatan hari Bhakti Adhyaksa ke-63 dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bayu Pramesti SH MH dan dihadiri seluruh jajaran berlangsung di halaman Kantor Kejari Kubar di Barong Tongkok, Sabtu (22/7/2023).

Dalam sambutan tertulis. Kepala Kejaksaan Agung RI yang dibacakan Kajari Kubar Bayu Pramesti SH MH bertajuk "Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional."

Kepala Kejaksaan Agung RI ST Burhanudin menuangkan ada 7 (tujuh) poin penting yang menjadi dasar jajaran korps Adhyaksa dalam melaksanakan tugasnya.

1. Aktualisasikan pola hidup yang merefleksikan nilai Tri Krama Adhyaksa baik dalam pelaksanaan tugas maupun bersosialisasi ditengah masyarakat.

2. Tingkatkan kepekaan sosial berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat dalam setiap pelaksanaan tugas dan wewenang serta kehidupan bermasyarakat.

3. Wujudkan kesatuan pola analisis yuridis yang terstruktur dan terukur dalam setiap penyelesaian penanganan perkara.

4. Laksanakan penegakan hukum dan penyelesaian perkara secara prosedural dan tuntas.

5. Perkuat kemampuan manajerial dan administrative sebagai sarana pendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan.

6. Optimalkan sinergi antara bidang guna mewujudkan keberhasilan capaian kerja institusi.

7. Jaga netralitas personel dalam menyongsong Pemilu serentak tahun 2024.

Kajari Kubar Bayu Pramesti menyebut meski kewenangannya masih melayani di dua kabupaten yakni Kutai Barat dan Mahakam Ulu (Mahulu) yang terbilang cukup jauh berada di pedalaman namun pihaknya tidak merasa bahwa hal itu menjadi suatu hambatan.

“Jangkauan pelayanan bukan jadi hambatan, buktinya Kejari Kubar berhasil mengungkap berbagai perkara besar seperti kasus korupsi.

Di hari Bhakti Korps Adhyaksa ke 63 ini justru lembaga ini mendapat kepercayaan publik paling tertinggi jika dibandingkan dengan institusi penegak hukum lainnya.
 
“Kita mendapatkan tingkat kepercayaan publik paling tertinggi dan tentu sesuai arahan Kejagung bahwa kita tetap harus mawas diri.” pungkas Kajari Kubar Bayu Pramesti SH MH kepada wartawan.

Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke - 63 Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Upacara Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Republik Indonesia, Jakarta, pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh keluarga besar Kejaksaan Republik Indonesia.
“Saya menyampaikan Selamat Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-63. Bakti Bapak Ibu sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Bakti untuk menegakkan hukum, bakti untuk menjunjung keadilan, bakti untuk kemajuan Indonesia,” ujar Presiden

Presiden mengatakan bahwa Kejaksaan memiliki kewenangan yang sangat besar. Mulai dari kewenangan penyidikan, kewenangan penuntutan, kewenangan perampasan dan pengembalian aset, hingga kewenangan-kewenangan lainnya.

“Kewenangan besar itu harus dimanfaatkan secara benar, harus dimanfaatkan secara profesional secara bertanggung jawab.
“Selamat Bhakti Adhyaksa, selamat menegakkan hukum, selamat menjunjung tinggi keadilan, selamat berjuang untuk kepentingan rakyat dan negara. Dirgahayu Kejaksaan Republik Indonesia,” ucap Presiden (*)

Dalam rangka turut memeriahkan HUT Adhyaksa ke-63 tahun 2023, Kejaksaan Negeri Kutai Barat juga melaksanakan beberapa kegiatan seperti olah raga dan lainnya di ruang lingkup Kejari Kubar.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"