Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 23 Juli 2023

HARAP KEBERKAHAN MELALUI PROBOLINGGO BERSHOLAWAT

Probolinggo, SNN.com - Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H / 2023 M di Kota Probolinggo berlangsung semarak. Betapa tidak, ribuan orang duduk berbaris rapi di sepanjang Jalan Panglima Sudirman Kantor Wali Kota Probolinggo pada Jumat (21/7) malam. Dengan khidmat mereka mengikuti agenda Probolinggo Bershalawat yang dihadiri oleh ulama nasional Habib Jindan bin Novel dari Tangerang, Banten. Tak terkecuali, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, perwakilan forkopimda serta jajaran kepala perangkat daerah.

Meskipun angin berhembus kencang, namun antusiasme masyarakat tidak surut. Sebab, kolaborasi Tim Hadrah Polresta Prabu Amanullah dengan Majelis Maulid Wat Ta'lim Dloul Mustofa dengan apik menghibur penonton. Bersama dengan lantunan syair yang dibawakan oleh Kapolresta AKBP Wadi Sa'bani, lantunan selawat jemaah turut menyertai.

Pada  kesempatan bertemu dengan masyarakat luas itu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan rasa terima kasihnya atas kekompakan dan kerukunan warga Kota Probolinggo di tengah keberagaman suku, agama dan budaya pendalungan ini.

“Mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan semuanya yang sudah menjaga kerukunan, kekompakan yang selama ini terjalin. Walaupun Kota Probolinggo ini pendalungan, ada Jawa, Madura, Tionghoa dan etnis Arab juga, tentunya ini bersatu padu tidak pernah terpengaruh dan mudah diadu domba oleh siapapun,” jelas wali kota.

Harapan juga diungkapkan oleh Habib Hadi, agar keberkahan selalu turun di Kota Probolinggo ini. Salah satunya melalui gerakan berselawat yang akan dilaksanakan bergantian di masing-masing kelurahan. “Insya Allah mulai tanggal 7 September sampai tanggal 15 Oktober setiap hari ada kegiatan ber-sholawat di tiap-tiap kelurahan bergantian se-Kota Probolinggo,” ungkap orang nomor satu di Kota Probolinggo itu

Pada agenda peringatan Tahun Baru Islam 1445 H ini, Pemerintah Kota Probolinggo juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu. Serta bantuan dan penghargaan bagi imam masjid, marbot serta juru kunci makam. Bantuan tali asih berupa jaminan BPJS ketenagakerjaan itu diserahkan secara langsung oleh wali kota kepada perwakilan penerima.
Sementara itu, hadir mengenakan gamis putih dan penutup kepala warna senada, Habib Jindan Bin Novel menyampaikan tausiahnya dengan mengajak para umat untuk merenungi makna tahun baru Islam. Yakni dengan meneladani kisah perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam hijrahnya mensyiarkan agama Islam.

“Perjuangan di dalam hijrah tersebut kalau bukan itu semua kita tidak kenal Islam, kita tidak kenal iman dan tidak akan ada perkumpulan yang semacam ini melainkan berkat perjuangan dahulu yang dilakukan oleh Nabi besar Muhammad SAW,” terang ulama sekaligus pimpinan Yayasan Al Fachriyah di Tangerang itu.

Rasa bahagia diungkapkan oleh salah satu warga, Vivi, yang juga turut meramaikan acara Probolinggo Bersholawat. Dirinya berharap di tahun mendatang masyarakat Kota Probolinggo semakin guyub dan rukun. “Sangat senang sekali karena ada acara Kota Probolinggo Bersholawat, mudah-mudahan di tahun depan bisa diadakan lagi, Kota Probolinggo makin luar biasa, bersih, guyub, rukun,” terang warga Kademangan itu. (Fabil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"