Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 18 Juli 2023

Siaran pers : Dalam Rangka Wisuda Program Sarjana Terapan KE-52 PEM Akamigas Begini Berita nya

Blora, SNN.com - Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) melaksanakan Upacara Wisuda Program Sarjana Terapan Ke-52, Tahun Akademik 2022/2023 pada Hari Selasa, 18 Juli 2023 di Grha Oktana PEM Akamigas. Kegiatan yang merupakan puncak kemenangan bagi mahasiswa PEM Akamigas ini setelah menempuh 4 tahun pendidikan di PEM Akamigas ini dilaksanakan secara luring sepenuhnya.

Pada periode Tahun Akademik 2022/2023 ini, PEM Akamigas mewisuda sejumlah 217 wisudawan dengan 70 orang (33%) lulus dengan predikat Pujian (Cum Laude).

“Dalam upaya menuju World Class Polytechnic, PEM Akamigas senantiasa memperbarui kurikulumnya agar selalu relevan dengan kebutuhan industri saat ini. PEM Akamigas saat ini sedang menyiapkan kurikulum baru yang bertitik berat pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pemagangan. Kurikulum tersebut akan diterapkan pada Tahun Ajaran 2023/2024,” disampaikan Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani dalam laporannya.

“Selain itu, PEM Akamigas juga mampu mengelola lulusannya agar dapat diserap oleh industri, PEM Akamigas telah melakukan berbagai strategi promosi lulusan kepada industri energi dan industri penunjang energi. PEM Akamigas juga melakukan Program Pembentukan karakter terintegrasi dan program-program untuk menyiapkan alumni agar siap kerja. Keberhasilan promosi lulusan PEM Akamigas dibuktikan hari ini, dimana 13 wisudawan telah terkonfirmasi diterima bekerja sebelum pelaksanaan wisuda hari ini,” jelas Erdila.
Pada kesempatan ini, diumumkan 5 mahasiswa terbaik dari masing-masing program studi diantaranya adalah:
Fairuz Athallah terbaik dari Program Studi Teknik Produksi Migas
Ahmad Murtafi'in terbaik dari Program Studi Teknik Pengolahan Migas
Novian Natanael Subagia terbaik dari Program Studi Teknik Mesin Kilang
Akbar Pratama terbaik dari Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang
Efraim Dandy Pandawa Setiaji terbaik dari Program Studi Logistik Migas
Sedangkan untuk terbaik keseluruhan adalah Akbar Pratama dari Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang, yang juga telah terkonfirmasi bekerja di PT. Tiara Vibrasindo Pratama.

Erdila berpesan khusus untuk wisudawan bahwa PEM Akamigas telah cukup membekali wisudawan dengan ilmu dan teknologi, secara khusus di sub-sektor migas, sebagai bekal untuk mengabdikan diri untuk pembangunan nusa dan bangsa. Tetapi itu saja tidak cukup, moralitas manusia akan menentukan apakah pengetahuan dan teknologi dibawa ke arah kebaikan atau sebaliknya. 

“Oleh karena itu, Saudara-saudara sekalian para wisudawan, peningkatan keimanan dan ketaqwaan Saudara-saudara sekalian kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Penguasa Alam ini, senantiasa dibutuhkan untuk menjadikan pengetahuan dan teknologi dapat bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan kemanusiaan. Implikasi dari peningkatan keimanan dan ketaqwaan ini adalah peningkatan nilai-nilai humanis diri, seperti kejujuran, amanah, martabat dan marwah.”

Upacara Wisuda Program Sarjana Terapan PEM Akamigas, yang sedianya dihadiri oleh Menteri ESDM dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Tutuka Ariadji berpesan bahwa KESDM memiliki harapan yang besar agar lulusan PEM Akamigas dapat berperan aktif pada energi Indonesia.
"Berdasarkan isu yang telah kami bahas sebelumnya, lulusan PEM Akamigas memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan keanekaragaman penggunaan sumber energi di Indonesia. Lulusan PEM Akamigas dididik untuk peka terhadap isu energi di Indonesia. Selain itu, lulusan PEM Akamigas dididik untuk adaptif dengan perkembangan energi serta mampu memahami dan mengembangkan teknologi tersebut. Lalu, pendidikan di PEM Akamigas menyiapkan lulusannya untuk siap menjadi wirausaha yang mampu memanfaatkan potensi energi terbarukan dan ikut mensejahterakan masyarakat sekitar. Terakhir, PEM Akamigas mendidik lulusan dengan perilaku, integritas, dan disiplin yang baik. Sehingga lulusan PEM Akamigas dapat dipercaya menjadi pilar pembangunan energi nasional.”

Upacara pelapasan wisudawan PEM Akamigas, bukan hanya menjadi pesta internal yang hanya bisa dinikmati wisudawan dan orang tua saja. Namun masyarakat Cepu juga bisa merasakan euforia ini melalui arak-arakan wisudawan dan penampilan Paguyuban Seni Barong “Krido Mudho” sebagai bentuk partisipasi PEM Akamigas dalam melestarikan budaya lokal. 
Seni Barong ini, telah menjadi sajian hiburan khas wisuda PEM Akamigas. 

Penampilan Singo Barong sebagai tokoh utamanya dengan diiringi musik gamelan yang rancak, menggugah semangat. Kesenian khas daerah Blora ini menggambarkan karakter masyarakat yang penuh kekeluargaan, spontanitas, kompak, sederhana dan juga keras.

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"