Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 02 April 2024

Cegah Penyebaran DBD, Pemdes Trepan Melaksanakan Fogging di Pemukiman Warga

Lamongan, SNN.com - Guna mengantisipasi timbulnya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Desa Trepan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan bersama perangkat desa, ketua RT/RW, Karang taruna melaksanakan penyemprotan Fogging di seluruh pemukiman warga, Selasa, (02/04/2024).

Fogging atau pengasapan dilakukan sebagai salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, dengan menggunakan mesin yang mengeluarkan asap berisi insektisida. Insektisida ini yang kemudian akan membunuh nyamuk dewasa penyebab utama penyakit DBD.

Kegiatan Fogging yang dilakukan Pemdes Trepan dengan menyisir rumah-rumah warga, khususnya di lingkungan yang memiliki genangan air atau berpotensi berkembangnya jentik nyamuk Aedes .
Kepala Desa Trepan Asikin menuturkan, kegiatan fogging ini dilakukan sebagai sarana pencegahan terhadap penyebaran penyakit demam berdarah. Selain melaksanakan penyemprotan fogging, Pemdes Trepan juga melakukan imbauan supaya warga lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Untuk memutus perkembangan nyamuk Aedes Aegypti tidak cukup hanya dengan Fogging saja, tetapi juga dengan bantuan warga sekitar dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur barang-barang yang dapat menampung air. Lingkungan bersih wargapun sehat,” ujarnya.
Asikin menambahkan bahwa DBD juga dapat dicegah dengan melaksanakan penyemprotan fogging dan disinfektan.Kegiatan ini akan berlangsung secara terus menerus dan berkala.

"Penyemprotan fogging akan terus kami lakukan secara bertahap dengan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan juga para relawan. Saya menghimbau kepada masyarakat sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk, tidur menggunakan kelambu dan juga menyalakan anti nyamuk. Ini semua demi menjaga kita semua dari bahaya demam berdarah" pungkasnya. (Wafa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"