Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 22 Desember 2023

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kec. Samboja dan Kec. Samboja Barat Gelar Kejuaraan Pencak Silat IPSI Cup 2023

Kutai kartanegara, SNN.com - Ketua IPSI kec. Samboja dan kec. Samboja Barat H. Abd.Gani S.Pd. mengatakan dalam sambutannya bahwa kejuaraan pencak silat ini di laksanakan yang ke 2 kalinya tahun 2023 di aula perguruan Muhammadiyah Samboja  dari tanggal 22 hingga 23 Desember 2023.

Lanjut di katakan ketua IPSI Samboja, dalam kejuaraan kali ini ada 12 kontingen yang mendaftar untuk ikut mengambil bagian dan memeriahkan kejuaraan ini di antaranya Perguruan Tapak suci, perguruan PSHT, perguruan jempaka putih dan lain lain yang jumlah peserta secara keseluruhan sebanyak 260 orang atlet pencak silat.

Ketua IPSI mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Camat samboja dan Samboja Barat yang sudah memberikan Atensi dan Suffot kepada kami, sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik hingga akhir dan juga ucapan terima kasih kepada Kapolsek atau yang mewakili Beliau AKP. Sutomo (Wakapolsek samboja) yang telah memberikan arahan dan petunjuknya dalam pelaksanaan acara ini.

Dalam sambutannya AKP. Sutomo mengatakan, Dalam kejuaraan ini merupakan pencarian bibit, Bobot bukan untuk jago jagoan di antara anak anakku sekalian tetapi kejuaraan ini adalah penyeleksian siapa di antara kalian yang berbakat dan punya nyali dan potensi Bela diri  yang mampu berkompetisi di laga atau arena yang lebih tinggi lagi.

"kalau di dalam kejuaraan ini ada anak anakku mampu meraih juara 1,2,3 tentu akan maju ke tingkat Kabupaten dan seterusnya sampai tingkat Dunia bila perlu. Bahkan saat ini bilamana ada di antara kalian mempunyai ke ahlian dalam Bela diri dan di buktikan dengan surat Piagam dari perguruan masing masing maka bisa masuk mendaftar polisi dengan mudah dan menjadi prioritas dengan tetap mengacu pada kreteria pada saat pendaftaran polisi dan sudah terbukti sudah ada beberapa orang dari Siswa Tapak suci menjadi polisi dari samboja ini, "ucapnya.

Hadir juga penggiat kejuaraan pencak silat Ibu Evi Nurcahyani SE yang juga sebagai Caleg dari partai Nasdem dapil 4 yaitu Samboja Muara jawa dan sanga sanga mengatakan, Bahwa "Dengan kejuaraan ini merupakan Wadah silaturrahmi, wadah untuk anak anak yang punya bakat di bela diri dan bisa berprestasi di Kejuaraan ini yang lebih tinggi lagi dan pencak silat ini juga merupakan badaya bangsa kita yang harus kita lestarikan kalau bukan kita siapa lagi di samboja ini khususnya di Kutai Kartanegara yang kita cintai bersama ini.

Bu Evi (panggilan Akrabnya) mengatakan dengan anak anak usia dini yang ikut berlaga di arena ini Maka kedepannya kita sudah memiliki Atlet yang mampu berkompetisi di ajang yang lebih tinggi di antaranya ke Tingkat kabupaten. Bila masuk Dominasi maka lanjut di tingkat Provinsi dan selanjutnya, asalkan anak anak kita komitmen dan sungguh sungguh dalam berlatih tentu pelatih atau guru guru harus juga kita beri suffot yang cukup dan lebih lagi para orang tua Atlet harus bekerja sama dengan perguruan dimana anak Bapak dan ibu berguru.

ketua IPSI kab. Kukar Siswo Cahyono SE dalam sambutannya di katakan, Bahwa kegiatan kejuaraan di samboja dan samboja barat adalah merupakan yang istimewa karena sudah di penghujung Tahun 2023 masih mampu melaksanakan open kejuaraan dari sekian banyak kejuaraan di Kab. Kukar hanya satu kecamatan yang melaksanan, akan tetapi di kec. Samboja ini ada 2 kecamatan yang bergabung yakni kec. Samboja induk dan kec. Samboja barat, ini lah ke istimewaan samboja kompak dan kompak selalu dalam kegiatan ini. 

Di katakan pak Siswo Bahwa Saya selaku ketua IPSI tingkat Kab. Kukar saya tidak mau ada terdengar ada anak anak kita melakukan tawuran di antara perguruan yang ada ikut berkompetisi dalam kejuaraan ini sebagaimana di daerah Jawa tahun lalu ada yang Tawuran sampai masuk kerana Hukum.

Dan bila mana ada yang melakukan Tawuran maka saya meminta dari Pihak Kepolisian untuk menangkap pelakunya. Kebetulan ada Bapak Kapolsek disini mohon ijin, akan tetapi saya sangat berharap untuk wilayah samboja ini sangat kondusif, aman dan terkendali.

"Selamat Berkompetisi junjung tinggi Sportipitas dan tunjukkan Nyalimu".

Koresponden :Basman Rasyid.S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"