Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 21 Desember 2023

Desa Segaran gelar Musdes Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2024

Probolinggo, SNN.com - Pemerintah Desa Segaran Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo gelar Musdes Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2024, Kamis (21/12/2023).

Musdes di hadiri Camat Tiris, BPD, Bhabinsa, bhabinkamtibmas, Perangkat Desa, dan tokoh masyarakat.

Acara yang pertama di buka langsung oleh kepala desa Segaran Budi Utomo, menerangkan bahwa APBDes merupakan rencana tahunan desa yang dituangkan dalam bentuk angka-angka yang mencerminkan berbagai kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan desa.

"APBDes sendiri terdiri dari bagian penerimaan dan bagian pengeluaran desa dalam satu tahun anggaran, mulai Januari sampai dengan bulan Desember. Musdes APBDes bertujuan untuk menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan desa untuk tahun anggaran 2024 dan yang pasti mengacu pada RPJMDes, "terangnya.

Lalu dilanjutkan Camat Tiris yang di wakili oleh Suheri, SH, M.M beliau mengapresiasi kinerja kepala desa Segaran beserta perangkat desanya yang sudah menerapkan asas transparansi dalam pemerintahanya, beliau juga menyampaikan pesan kepada semua hadirin untuk bermusyawarah dan jangan sampai keluar dari ruangan ini ada istilah grundel / ketidak setujuan dari hasil musyawarah, maka dari itu ayo keluarkan ide / pokok pikiran panjenengan semuanya untuk dimusyawarahkan, dan perlu di ingat penanganan stunting harus di fokuskan karena sudah menjadi prioritas program utama pemerintah daerah, "ungkapnya.

Ketua BPD juga menyampaikan pesan kepada semua peserta musdes ini terutama bapak Rt Rw untuk mengikuti dengan baik agar nantinya dapat menjelaskan kepada masyarakat program desa 2024, beliau juga membuka lebar bagi siapa saja yang mempunyai ide untuk dituangkan pada musdes ini, semata mata untuk membangun desa kita desa Segaran, "tandasnya.

Lanjut acara pemaparan yang dilaksanakan oleh Sekretaris desa Sukirman, kemudian paparan kaur Kesejahteraan, paparan kaur tata usaha, dan paparan dari kaur Pelayanan, dalam paparan ini yang dipaparkan adalah tentang rencana kegiatan tahun 2024 sesuai tugas dan tupoksinya masing-masing.

Lanjut ke tanya sesi jawab, setelah selesai sesi tanya jawab maka selesai lah acara musdes tersebut. (Arifin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"