Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 26 Desember 2023

Tanggap Bencana. Pagar dan Tembok Sekolah Rubuh Akibat longsor Babinsa Sumber Datangi Lokasi

Probolinggo, SNN.com - Pada hari Senin tanggal 25 Desember 2023 sekitar pukul 15.30 WIB, telah terjadi hujan yang berlangsung cukup lama di Dusun Tempuran Desa Sumber Kecamatan  Sumber Kabupaten Probolinggo, Senin petang (25/12).

Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur Kecamatan Sumber sehingga tanah menjadi labil dan terjadi slading/ Longsor yang mengakibatkan Sebagian pagar dan tembok kamar mandi di SMAN 1 Sumber rubuh dan menutupi sebagian jalan yang menuju  ke ladang warga.

Pelda Ridoi Babinsa jajaran Koramil 0820/11 Sumber mendapatkan laporan atas kejadian pagar dan tembok kamar mandi yang rubuh dan bergerak cepat datangi lokasi longsor untuk mengecek kebenaran dari informasi tersebut.

Menurut Ridoi rubuhnya pagar dan tembok kamar mandi di SMAN 1 Sumber ini disebabkan karena hujan deras, sehingga menyebabkan struktur tanah tidak mampu menahan curah hujan yang deras sehingga terjadi tanah longsor sehingga menutupi sebagian jalan yang menuju  ke ladang warga.

"Kita masih bersyukur di kejadian ini tidak ada korban jiwa jadi saya himbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan segerak laporkan bila ada kajadian". Ungkapnya

Pada kesempatan ini, Pelda Ridoi menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dengan musim penghujan dengan intensitas sedang dan tinggi. Selain itu, mengharap masyarakat agar selalu menginformasikan hal hal yang terjadi di wilayahnya agar cepat mendapatkan penanganan.

"Kita masih bersyukur di kejadian ini tidak ada korban jiwa jadi saya himbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan segerak laporkan bila ada kajadian". Ungkapnya

Lebih lanjut, wilayah Sumber yang berupa daerah pegunungan tentunya sangat rawan pada saat datangnya musim penghujan, kondisi tanah yang kurang kuat dapat berpotensi menimbulkan longsor sewaktu-waktu.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga agar tetap berhati-hati selagi musim penghujan, khususnya di Desa Jatisari merupakan wilayah pegunungan yang tebing nya bisa menyebabkan longsor jika terjadi hujan deras, ” pesan Pelda Ridoi.

Ditempat terpisah Danramil 0820/11 Sumber Lettu Kav Hasan Duhri memerintahkan agar Babinsa selalu memantau wilayahnya , apalagi disaat musim penghujan. Dengan selalu hadirnya Babinsa di tengah tengah warganya tentunya merupakan wujud bakti TNI kepada rakyat, sehingga hubungan TNI bersama rakyat akan semakin erat. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"