Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 29 Mei 2024

Ibu ibu PKK Desa Tegalsono Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Sisa

Probolinggo, SNN.com - Pelatihan pembuatan keset dari kain perca dilaksanakan oleh TP-TPK PKK desa Tegalsono Kec. Tegalsiwalan Kab. Probolinggo, Rabu (29/5/2024)

Kain perca merupakan kain sisa-sisa pembuatan pakaian yang sering dianggap sebagai limbah tidak terpakai. Padahal, kain ini dapat dimanfaatkan menjadi aneka macam produk kerajinan tangan yang unik, salah satunya keset

Menghimpun buku Ornamen Unik dan Menarik dari Kain Perca terbitan dari  ketua TP-TPK  ibu Windayati ibu camat Tegalsiwalan, yang juga melibatkan ibu ibu PKK desa Tegalsono.

Ketua TP-TPK menyampaikan kain perca adalah bahan yang mudah ditemukan  Kain ini biasanya banyak berserakan di pabrik atau toko penjahit dari pakaian bekas, bed cover, sarung bantal tidak terpakai, dan masih banyak lagi.

Lanjut Bu windayati sosialisasi Untuk membuat keset dari sisa-sisa kain tersebut di laksanakan  di balai desa Tegalsono kecamatan Tegalsiwalan, pembuatan dibutuhkan beberapa alat penunjang seperti benang, gunting, penggaris, dan lain-lain. Bagi Anda yang penasaran dan tertarik untuk mencoba, simak cara membuat keset dari kain perca dalam ulasan berikut ini.

Membuat keset dari kain perca sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan mesin jahit atau dikepang manual. Dihimpun dari buku Membuat Aneka Kerajinan dari Kain Perca karangan Enen Wardana, berikut langkah-langkahnya.

1. Membuat dengan mesin jahit

Membuat keset dari kain perca dengan mesin jahit tentu akan lebih mudah dan cepat dilakukan. Berikut cara selengkapnya.
1. Siapkan Alat dan Bahan
Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan, seperti kain perca, kain furing pelapis, kain untuk alas, benang, dan gunting.
2. Potong Kain Perca
Potong kain perca dengan ukuran seragam yang sesuai keinginan, misalnya 4x4 cm atau 8x8 cm.
3. Melipat Kain Perca
Lipat potongan kain perca secara diagonal hingga membentuk segitiga samakaki. Tempatkan bagian alas segitiga sama kaki pada atas, kemudian lipat kedua ujungnya ke sisi bawah. Pertemukan ujung kiri dan kanan lipatan kain, sematkan jarum pentul untuk mehanan lipatan agar tidak berubah.
4. Menyusun Pola
Ambil kain perca berukuran lebih besar dan tebal untuk dijadikan alas, bentuklah kain tersebut menyerupai lingkaran. Potong kain pelapis sesuai ukuran dan bentuk alas keset tersebut.
5. Menjahit Kain
Jahit sekeliling potongan kain alas dengan kain pelapis secara bersamaan. Sisakan sedikit ruang untuk membaliknya. Jahit kedua kain tersebut lewat bagian paling menjorok ke dalam. Setelah proses menjahit selesai, balik hasil jahitan kain pelapis dan kain alas agar posisnya berada di dalam.
6. Finishing
Periksa kembali apakah masih ada celah pada sambungan kedua bahan kain. Tempel beberapa potongan kain perca yang telah dibentuk sebelumnya, kemudian jahit secara bertahap hingga menutupi seluruh alas keset. Tutup bagian tengah keset dengan potongan kain. Keset dari kain perca pun sudah siap untuk digunakan.

2. Membuat Keset dari Kain Perca secara Manual (Dikepang)

Bagi yang tidak mempunyai mesin jahit, keset dari kain perca tetap dapat dibuat dengan cara manual. Untuk membuatnya, siapkan terlebih dahulu kain perca berukuran agak panjang, kain kanvas yang akan dijadikan alas, gunting, lem kain, jarum, dan benang sulam.

Cara ini diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar 60 menit. Sebelum memulai, ukur kain kanvas yang dijadikan alas dengan rentang panjang 70 cm dan lebar 50 cm. Selanjutnya langkah-langkahnya Ambil kain perca yang telah disiapkan, potong kecil-kecil seperti garis memanjang dengan ukuran 10 cm dari kain yang dijadikan alas keset, "ujarnya. (Memet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"