Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 21 November 2023

Dinas Pariwisata Kutai Barat Latih Pemandu Wisata

Kutai Barat, SNN.com - Pariwisata memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu daerah dan memainkan peran utama dalam memperkenalkan dan melestarikan warisan budaya serta alam. Sementara Pemandu wisata sebagai penghubung antara destinasi dan wisatawan juga memiliki peran yang krusial dalam meningkatkan pengalaman wisatawan dan menjaga keberlanjutan industri pariwisata.

Untuk itu dinas pariwisata kabupaten Kutai Barat menggandeng Himpunan Pramuwisata Indonesaia (HPI) Kalimantan Timur memberikan pelatihan kepada puluhan pemandu wisata di Kutai barat yang dilaksanakan selama dua hari di Aula Dinas Pariwisata Kubar tanggal 20 dan 21 November 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Kubar Yuyun Diah Setiorini mengatakan, pemandu wisata memiliki peran penting karena mereka adalah duta untuk menjelaskan seluruh potensi wisata kepada pengunjung. termasuk makna di balik atraksi dan tradisi yang ditampilkan agar menciptakan pengalaman positif bagi wisatawan. sehingga pemandu wisata perlu diedukasi baik dari sisi pelayanan, keakuratan informasi maupun bahasa.

Sementara Ketua DPD HPI Kaltim Awang Jumri sebagai instruktur pelatihan mengatakan, pelatihan ini jadi salah satu syarat mendapatkan serifikasi pemandu wisata. Sehingga dalam pelatihan semua peserta diajarkan ilmu-ilmu pelayanan untuk wisatawan.

Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pemandu wisata agar dapat meningkatkan profesionalisme dan kualitas layanan pemanduan wisata kepada wisatawan.

Diharapkan melalui pelatihan ini masyarakat lokal dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi bagian integral dari industri pariwisata. Dengan begitu bisa menciptakan peluang pekerjaan dan peningkatan kesejahteraan di tingkat lokal. Dinas pariwisata Kubar juga memiliki program strategis yaitu satu dea satu objek wisata. sebab kabupaten Kutai Barat memiliki beragam objek wisata andalan. Baik wisata alam, wisata budaya maupun wisata religi.

Dari Kutai Barat Reporter Johansyah Melaporkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"