Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 27 November 2023

Heboh!!! 4 Desa Di Kecamatan Maron Geruduk Kantor CV. Prima Selaras Nusantara Terkait Tambang Brabe

Probolinggo, SNN.com - Warga dari empat desa, Maron kidul, Maron wetan, Maron kulon,  serta desa Wonorejo,  yang    memiliki  usaha di pinggir jalan,  ataupun bertempat tinggal di pinggir  jalan,  sepanjang jalan maron -Klaseman,  kurang lebih sebanyak 400 orang, Gruduk kantor CV PSN ( prima Selaras Nusantara) di lanjut kediaman pribadinya Camat maron. Minggu 26/11/2023.

Kedatangan warga, menyampaikan aspirasi, orientasi, dan meminta agar pihak pihak terkait, jajaran pemerintah kabupaten Probolinggo segera mengambil langkah ataupun tindakan kepada CV PSN  pemilik tambang galian C di desa Brabe. Selain itu, warga juga menuntut CV PSN agar supaya merealisasikan kompensasi nya sesuai janji nya.  Selain itu warga juga meminta,  agar dump truck tambang tidak  melintas di jalan yang sudah di perbaiki dengan hotmix lapis 2.

Yuliana, pengusaha Es Dawet, saat di konfirmasi team media yang tergabung di komunitas Jurnalis Nusantara TRABAS.
""Sangat terganggu dengan adanya aktivitas tambang Brabe ini, mana dagangan saya ini  barang Mateng,  pas kita buka, pastinya banyak debu.  Apalagi yang lewat ini kendaraan besar, jadi ini bukan rame pembeli, rame yang lewat sama debu debu itu  pak. Harapan saya,  mohon cari solusi terbaik, kita sama sama mencari nafkah, kalau bisa jangan lewat sini dah. Mungkin ada cara yang lebih baik, gimana cara nya agar supaya sama sama enak mencari nafkah.  "Jelas nya.

Di  lokasi yang sama,.di saat berlangsung nya aksi, Subhan Wonorejo kecamatan maron juga meminta. ""Adanya dump truk dari tambang desa Brabe, kami khususnya pedagang gorengan dan Nasi,   terkena dampak debu,  sehingga pembeli dagangan kami sangat berkurang,  sedangkan untuk jalan yang sudah di kerjakan dan sudah bagus ini,  masyarakat inginkan jalan ini sekiranya awet, jika di lewati dump truck dari Tambang, maka jalan ini akan cepat rusak. Harapan saya untuk sementara di tutup, tidak ada aktivitas,  ya kalau bisa ya seterusnya penambang tidak boleh lewat jalan ini, biar jalan ini bisa awet. "Ungkap nya.

Menanggapi keluhan tetangga yang sekaligus warga binaannya “Aat Kardono” mengatakan “dirinya bersedia untuk menampung keluh kesah tersebut untuk kemudian kembali akan dilakukan pembahasan kepada para pihak terkait, sementara untuk yang berkaitan dengan TJSL dari perusahaan dirinya akan segera mungkin untuk berkoordinasi dengan pihak perusahaan. "Jelas nya.

Dalam perihal ini, DPK LSM LIRA Kec. Maron Abdullah juga mengatakan “apa yang disampaikan oleh warga masyarakat tersebut sejatinya adalah suatu keharusan bagi perusahaan dan perihal tersebut juga sudah di atur oleh Pemerintah yang tertuang didalam PP. No. 47 Tahun 2012 Tentang TJSL.( Fabil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"