Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 23 November 2023

Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemkab Kubar Bantu Alat Pertanian

Kutai Barat, SNN.com - Pemerintah kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat. Keseriusan pemerintah ini diwujudkan melalui penyaluran bantuan alat-alat pertanian serta bibit berkualitas.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kubar, Rion mengatakan tahun ini ada 24 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mendapat bantuan di 9 kecamatan. Alat yang diserahkan berupa mesin sawut singkong, mesin pengolah jahe dan bibit.

”Bantuan itu sejalan dengan program dinas ketapang yang menitipberatkan pada peningkatan ekonomi keluarga sekaligus mencegah stunting,” kata Rion di Sendawar, Rabu (22/11/2023).

Bupati Kutai Barat FX.Yapan menjelaskan Ketahanan pangan adalah isu yang sangat penting bagi pemerintah karena berkaitan langsung dengan kesejahteraan dan keamanan masyarakat. Untuk mewujudkan ketahanan pangan Pemkab Kubar menunjukkan keseriusan yang tinggi melalui berbagai langkah konkret dan kebijakan yang diimplementasikan.

Bupati FX.Yapan mengaku alat-alat pertanian ini diberikan untuk daerah-daerah sentra pertanian untuk membantu masyarakat meningkatkan produksi dan kualitas pangan. Harapannya masyarakat bisa memanfaatkan alat-alat tersebut agar makin produktif.

Salah satu penerima bantuan di kecamatan Nyuatan, Burham mengaku bersyukur mendapat bantuan alat-alat produksi pangan. Sebab selama ini masyarakat hanya menggunakan alat manual. Dengan bantaun alat itu dia yakin produksinya makin meningkat. Baik pembuatan kripik sinkong maupun bubuk jahe yang selama ini diusahakan masyarakat setempat.

Selain bantuan peralatan, Dinas Ketahanan Pangan juga memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan produksi maupun pemasaran. Salah satunya melalui Badan Usaha Pangan Masyarakat (BUPM), Food Center dan sistem informasi pangan.

Reporter : Johansyah
Editor : Waffa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"