Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 28 Mei 2024

Dandim 0812/Lamongan Dampingi Pangdam V/Brawijaya Panen Jagung Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional

Lamongan, SNN.com - Pemerintah melalui peran TNI AD khususnya Kodam V/Brawijaya sangat serius dalam peningkatan ketahanan pangan Nasional. Hal itu tercermin dalam kunjungan kerja Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay bersama Ketua Persit KCK Daerah V Brawijaya, Ny. Lisa Granada Baay dalam panen raya jagung yang diselenggarakan oleh Kodim 0812/Lamongan di Desa Mojorejo Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan, Selasa(28/05/2024).

Kehadiran Pangdam V/Brawijaya, Ketua Persit KCK Daerah V/Brawijaya beserta PJU Kodam V/Brawijaya tersebut disambut langsung oleh Danrem 082/CPYJ dan Dandim 0812 beserta Jajaran Forkopimda Lamongan.

Dalam sambutannya, Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi MBA.,M.Ek., mengucapkan selamat datang kepada Pangdam V/Brawijaya beserta PJU Kodam V/Brawijaya. Dirinya juga memaparkan bahwa Lamongan merupakan salah satu Kabupaten pemasok jagung terbesar di Indonesia.

"Selamat datang Bapak Pangdam V/Brawijaya beserta rombongan di Kabupaten Lamongan. Seperti kita ketahui bahwa Kabupaten Lamongan merupakan salah satu pemasok jagung terbesar di Indonesia. Dengan kedatangan Bapak Pangdam ke Lamongan dan ikut melaksanakan panen raya, kami berharap akan dapat menambah semangat para petani di Kabupaten Lamongan" ujar Bupati.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay di depan para Petani mengatakan bahwa profesi sebagai Petani merupakan profesi yang sangat mulia. Dirinya juga mengapresiasi banyaknya lahan milik Perhutani yang berhasil ditanami komoditi pangan sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan Nasional.

"Tujuan panen raya ini adalah untuk membantu program Pemerintah dalam meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan Nasional dan lokal, meningkatkan kesejahteraan Petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta meningkatkan perekonomian agar ketersediaan logistik di Wilayah dapat terpenuhi, bahkan nanti kita bisa ekspor hasil panen kita ke Mancanegara" ujarnya.

Selain kegiatan panen raya jagung, dilaksanakan juga penanaman pohon dan penanaman sorgum. Diketahui bahwa tanaman sorgum merupakan tanaman yang tahan dengan berbagai macam cuaca dan kondisi. Harapannya, penanaman sorgum ini bisa menjadi pilot project sekaligus menjadi primadona baru di Kabupaten Lamongan. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"