Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 29 Mei 2024

Dukungan Penuh Komite dan Walimurid Menjadikan Giat Purnawiyata SMA 3 Kota Probolinggo Berjalan Sukses

Probolinggo, SNN.com - Dalam beberapa tahun semenjak berdirinyaa lembaga pendidikan SMA 3 kota Probolinggo, berbagai terobosan dan inovasi berhasil dikembangkan oleh pengelola sekolah ini dengan tujuan terciptanya kemampuan siswa dalam berbagai bidang keilmuan, sehingga diharapkan menjadi bekal bagi siswa pasca menimba ilmu disekolah ini.

Hal ini juga ditunjang kemampuan dewan pendidik yang secara professional menerapkan pola pembelajaran yang sistematis, sehingga dengan mudah siswa dapat menyerap materi yang diberikan. Selain itu, peran serta Komite dan Walimurid juga memberi dampak positif bagi perkembangan siswa. Tak berlebihan apabila siswa siswi sekolah ini mampu mencerna setiap materi yang disampaikan oleh dewan guru sesuai bidang masing-masing. Kenyataan yang patut diapresiasi ketika sejumlah sisiwa lembaga ini selalu menorehkan keberhasilan dalam even lomba baik akademik maupun non akademik berskala lokal, regional maupun nasional. 

Untuk tahun 2024 ini, SMA 3 kota Probolinggo telah meluluskan sebanyak 241 Peserta Didik Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024. Seperti yang terpantau di Ballroom Paseban Sena, Kota Probolinggo, Minggu (21/5) pagi, dengan agenda purnawiyata dan dikemas dalam konsep rapat terbuka yang disaksikan Wali murid serta undangan lainnya antara lain Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Probolinggo Martin Nur Aini, S.E., M.M., Pengawas, Pembina serta dewan guru dan karyawan SMA Negeri. 

Kepala sekolah SMA 3 Kota Probolinggo, Khoirul Anam, S.Si., S.Pd. menyampaikan jika kelulusan tahun ini mencapai 100 persen. Mereka telah berhasil menyelesaikan seluruh program pembelajaran selama 3 tahun dengan nilai sikap atau perilaku minimal baik. Serta, berhasil mengikuti ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan. Bahkan ada 12 siswa yang memperoleh kesempatan meneruskan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan atau SNBP.

Adapun peserta didik yang menjalani prosesi pengukuhan kelulusan kemarin terdiri dari 24 peserta didik dari jurusan bahasa; 101 peserta didik dari jurusan IPA; dan 122 peserta didik dari jurusan IPS. Mereka dinyatakan lulus sesuai Surat Keputusan (SK) Kepala SMAN 3 Kota Probolinggo Nomor 421.3/180/101.6.3/2023. Tentang Penetapan Kriteria Kelulusan Peserta Didik SMAN 3 Probolinggo Tahun 2023/2024. 

Prosesi Pengukuhan kelulusan siswa sekolah ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran. Disusul penampilan Tari Kembang Mayang yang dipersembahkan peserta didik dari kelas X dan kelas XI.
Khoirul Anam, S.Si., S.Pd. juga mengungkapkan rasa haru ketika harus melepas peserta didik sebagai alumni dan mengembalikannya kepada orang tua atau wali murid,  mengingat ada perjuangan yang sangat luar biasa dalam tiga tahun menempuh pendidikan terlebih ditengah terpaan Pandemi Covid-19. 

Ditengah keberhasilan lembaga pendidikan ini melepas siswa siswinya untuk meniti jenjang pendidikan berikutnya, ada even-even tertentu bagi siswa untuk mengenang keberhasilan mereka disekolah ini, baik bersifat akademik maupun non akademik. Kenyataan ini tidak bisa dipungkiri, mengingat sudah tak terhitung lagi prestasi yang disematkan oleh peserta didik sekolah ini demi mengharumkan nama sekolah. Terhadap siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik, sekolah sangat mengapresiasi.

Sejumlah prestasi dalam berbagai lomba seolah menumbuhkan inspirasi bagi masyarakat bahwa sekolah ini mampu bersaing dengan lembaga setingkatnya dalam memberi motivasi dan inovasi bagi siswanya untuk terus berkarir mengejar prestasi.

Terakhir kegiatan yang diikuti oleh siswa siswi SMA 3 ini yakni berpatisipasi dalam ajang Kejuaraan Pencak Silat antar Pelajar se Kota Probolinggo Walikota Cup tahun 2024 beberapa minggu lalu (Mei). Dan hal yang patut menjadi kebanggan, mengingat siswi sekolah ini menjadi juara I atasnama Mutiara Cinta, Lailatul Munawarah dan Siti Fayzah. Kiranya banyak hal yang patut diapresiasi oleh semua pihak atas keberhasilan sekolah ini menghantarkan siswa siswinya dalam mengukir prestasi. (NTR-YOGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"