Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 08 Desember 2023

Kapolres Probolinggo Bersama Dandim 0820 Beserta DPD Lira Menghijaukan Bumi Area Dam 8 Pekalen Maron

Probolinggo, SNN.com - Dalam rangka kontribusi reboisasi dalam mitigasi perubahan iklim dan pelestarian biodiversitas  dan Santunan anak Yatim, bertempat di lokasi wisata dam 8 pekalen/ADA Adventure Desa Brabe Kecamatan Maron kabupaten Probolinggo. Yang di inisiasi oleh DPK LSM LIRA kecamatan Maron. 08/11/2023.

Acara tersebut di hadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP WISNU WARDANA S.H, S.I.K Dandim 0820 Probolinggo LETKOL ARM HERI BUDIASTO,  hadir pula, M safri Majid Waka ADM KPH  Probolinggo Bupati LiRA Kabupaten Probolinggo H. Syamsuddin SH. DLH, Dinas pariwisata,  Songa Adventure,  pekalen rafting.  Dan Forkopimcam maron, serta seluruh kepala desa kecamatan Maron. DPD LSM LIRA dan CAMAT LSM LIRA sekabupaten Probolinggo.

Adapun rangkaian acara, di buka dengan santunan anak yatim,  di lanjut dengan sambutan sambutan dan di akhiri dengan pohon  secara simbolis, oleh Kapolres Probolinggo, Dandim 0820 Probolinggo, Bupati lira Probolinggo, dan perhutani.  Pohon yang akan di tanam,  dari perhutani sebanyak 2000 ( dua ribu) pohon. Bukan hanya dari perhutani,  Kapolres Probolinggo dan bupati LIRA ikut menyumbang pengadaan pohon yang di tanam nya.

Bupati LSM LIRA  Syamsuddin SH menyampaikan di saat  wawancara dengan team media komunitas Jurnalis Nusantara TRABAS, Pada prinsipnya  kita harus punya progam kedepan, bagaimana sekira nya  LIRA hadir bukan hanya sekedar pendampingan untuk masyarakat saja. Namu,  kita harus bisa menginduksi bagaimana kelestarian alam kita dan perekonomian kita tumbuh. Dan Alhamdulillah saya sangat mengapresiasi  kepada temen teman DPK maron bisa berkordinasi bekerja sama dengan Kapolsek juga Danramil sehingga terlaksana kegiatan ini.

Memang cara cara kita masyarakat Probolinggo untuk mengangkat perekonomian Probolinggo ini tumbuh. Kemudian kelestarian alam kita. Mengingat potensi di Probolinggo sangat luar biasa,  khususnya di wilayah kecamatan Maron. Seperti Ada Adventure dan lain sebagainya.  Harapan kami,  agar masyarakat bisa  bersinergi dengan TNI dan polri,  agar supaya bisa menginduksi kepada masyarakat  memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama masyarakat yang awam dengan adanya NJO kita sebagai penyambung lidah antara masyarakat dengan pemerintah itu harus di kembangkan. "Ucapnya.

Lebih lanjut Kapolres Probolinggo, AKBP WISNU WARDANA S.H, S.I.K  juga sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon tersebut.  Penanaman pohon melestarikan lingkungan di wilayah lingkungan kecamatan Maron.  Saya Kapolres Probolinggo bersama dengan Dandim  mengucapkan terimakasih kepada reken rekan LSM LIRA  kerena telah menginisiasi dan memfasilitasi  penghijauan di wilayah sungai  Dan 8 wilayah maron.

 Lanjut  kata Kapolres Probolinggo, tentunya ini sangat positif  dan kami mendukung kegiatan kegiatan yang dampak nya sangat bermanfaat khususnya di wilayah kecamatan Maron. Dan kami berharap acara ini bisa berkesinambungan dan berkelanjutan  dan bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Probolinggo." Jelasnya.

Tidak hanya itu, Dandim 0820 Probolinggo LETKOL ARM HERI BUDIASTO, juga sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang di inisiasi oleh LSM LIRA. "Hari ini kita melakukan penanaman pohon, penanaman pohon ini untuk antisipasi  bahaya banjir untuk kedepannya. Ini adalah tempatnya sangat strategis dan ini dampak nya akan di rasakan oleh anak cucu kita dan  kegiatan ini di inisiasi oleh LSM LIRA jadi saya ucapkan terima kasih  serta kepada masyarakat yang hari ini hadir.

Kometmen pemerintah adalah bersama sama masyarakat yang saat ini di wakili oleh bupati LSM LIRA  kita peduli terhadap lingkungan, kita peduli kepada masyarakat  buktinya hari ini.  Dan saya sampaikan juga  penanaman ini di perintahkan langsung oleh  kepala staf angkatan darat jendral TNI  Maruei Simanjuntak. Jadi sekarang serentak seluruh Indonesia melakukan penanaman pohon. Jadi ini merupakan  kegiatan  sangat bermanfaat,  dan terselenggara nya kegiatan ini terlaksana atas kerjasama pemerintah yang di situ ada  pemerintah kabupaten. Ada kodim, ada polres,  ada LSM LIRA, dan ada masyarakat. "Ucap nya.( Fabil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"