Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 13 Desember 2023

Sinergi Babinsa Sukapura Amankan Jalanya Adat Megeng Suku Tengger

Probolinggo, SNN.com - Koramil 0820/ 08 Sukapura terjuankan anggota terbaiknya untuk Melaksanakan kegiatan penutupan akses jalan menuju Objek wisata Gunung Bromo dalam rangka menghormati kegiatan ritual adat megeng atau Nyepi Suku Tengger, beragama hindu di Gunung Bromo berlokasi di Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Senin (13/12) sore.

Persiapan  itupun terlihat kali ini, saat Pelda N Dodik H bersama Bhabinkamtibmas dan Satlinmas menggelar apel pengecekan personil yang terlibat pengamanan kegiatan tersebut.

Dalam keterangannya, Pelda N Dodik H bersama 3 Anggota  Babinsa Koramil 0820/08 Sukapura yang bertugas  menyampaikan bahwa keberadaanya bersama anggota Polsek Sukapura dan anggota Linmas setempat merupakan wujud sinergitas dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat desa. 

Dalam kegiatan ini Pelda N Dodik H menuturkan bahwa “filosofi ritual adat megeng atau Nyepi Suku Tengger mengandung makna untuk memotivasi umat Hindu secara ritual dan spiritual agar alam senantiasa menjadi sumber kehidupan Selain itu merupakan sarana introspeksi/ evaluasi diri serta untuk membersihkan jiwa dari segala bentuk perilaku yang tidak baik, untuk mendapatkan kedamaian, ketentraman dan keselarasan dalam kehidupan ,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut tak lupa saya ucapkan selamat bagi suku tengger yang menggelar ritual adat megeng atau Nyepi, semoga ini membawa hal yang baik serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tambah Pelda N Dodik H. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"