Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 18 Desember 2023

Sinergi TNI-Polri di Lamongan Kawal Bongkar Tugu Perguruan Pencak Silat

Lamongan, SNN.com - Keberadaan Tugu Silat yang sering memicu bentrok antar Perguruan, menjadi perhatian kusus oleh banyak pihak. Hingga muncul kesepakatan  dan himbauan untuk dilakukan pembongkaran atas keberadaan Tugu Silat di berbagai Daerah, termasuk di Kabupaten Lamongan.

Beberapa Pengurus di Ranting Perguruan silat dari PSHT, IKS PI dan Pagar Nusa secara sukarela melaksanakan pembongkaran Tugu Perguruan Silat di wilayahnya masing masing seperti halnya di Kecamatan Glagah, serta akan di lanjutkan di Kecamatan lain yang berada di Kabupaten Lamongan, Senin (18/12/2023).

Pembongkaran tersebut dikawal oleh pihak TNI-Polri dan juga unsur Pemerintah Kecamatan masing masing demi kelancaran dan ketertiban bersama

Saat di konfirmasi, Dandim 0812/Lamongan , Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P., M.Han., mengapresiasi apa yang dilakukan oleh masing masing pengurus Ranting Perguruan Silat di Wilayah Kabupaten Lamongan.

“Kami mengapresiasi setinggi -tingginya, apa yang sudah dilakukan oleh para Pengurus Perguruan Silat. Kami berharap, apa yang sudah dilakukan ini, bisa ditiru dan diikuti oleh Perguruan Silat lainnya. Hal ini demi terciptanya situasi Kamtibmas di Kabupaten Lamongan yang kondusif,” ujar Dandim.

Dirinya selaku Komandan Kodim 0812/Lamongan juga menekankan kepada seluruh anggota jajaran dari koramil koramil untuk selalu memonitor perkembangan situasi di wilayahnya masing masing.

“Dalam hal ini Danramil maupun Babinsa wajib mendampingi kegiatan kegiatan seperti ini. Koordinasikan dengan semua pihak yang terkait demi ketertiban dan kelancaran kegiatan tersebut,” pungkas Dandim.

Sementara itu, Bapak Subhan (Ketua PSHT Rayon Glagah dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pihaknya mematuhi himbauan dari pemerintah yang memerintahkan Tugu Silat yang berdiri untuk dibongkar maupun di alih fungsikan menjadi tugu slamat datang di Dusun Wangen Kec Glagah demi menjalin kerukunan karna sering menjadi pemicu bentrok antar perguruan. (Pendim0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"