Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 25 Juni 2023

Cegah Banjir, Koramil Maron Karya Bakti Bersihkan Sungai

Probolinggo, SNN.com - Karya bakti pembersihan bantaran sungai merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir atau luapan air sungai yang disebabkan banyaknya sampah dan tumbuhan rumput liar yang ada di sepanjang pinggiran sungai yang sudah mengalami pendangkalan sehingga membuat tersendatnya arus aliran air.

Di aliran sungai Desa Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo pagi ini, Minggu (25/6)
Koramil 0820/21 Maron bersama sejumlah pihak  menggelar karya bakti dalam rangka mencegah terjadinya banjir dan luapan air sungai dengan mengadakan pembersihan disepanjang aliran sungai di desa tersebut.

Serma Sadri, Anggota Koramil 0820/21 Maron mengatakan kegiatan karya bakti ini memiliki satu tujuan yakni agar aliran sungai yang berada di wilayah Kecamatan Maron khususnya di Desa Suko bebas dari banjir dan meluapnya air yang akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat.

"Karya bakti itu dilakukan sebagai langkah untuk  antisipasi sekaligus sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir atau luapan air sungai,"kata Serma Sadri.

Ia berharap dengan karya bakti ini apabila intensitas hujan meningkat air sungai tidak sampai meluap karena alirannya sudah lancar bersih dari sampah dan tumbuhan liar yang berada dipinggiran sungai yang mengalami pendangkalan, Karena luapan air sungai ini bisa menggenangi permukiman yang disebabkan menumpuknya sampah limbah rumah tangga yang dibuang oknum masyarakat sekitar bantaran sungai.

"Kami menghimbau kesadaran masyarakat terhadap lingkungan agar tidak lagi membuang sampah kesungai yang akan menyebabkan banjir kembali”ujarnya.

Sementara salah satu toko masyarakat Desa Suko yang meminta identitasnya untuk tidak dipublikasikan menyampaikan ucapan dan rasa terima kasih kepada semua yang telah membantu pembersihan sungai. "Kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih sungai ini,"tuturnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"