Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 23 Juni 2023

Membanggakan, Tahun 2023 Desa Berkembang Nihil di Bojonegoro

BOJONEGORO, SNN.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terus menaikkan target Indeks Desa Membangun (IDM) di Kabupaten Bojonegoro tahun 2023. Yakni dari semula tahun 2022 desa yang berstatus Desa Mandiri Bojonegoro sebanyak 155 Desa menjadi 251 desa di tahun 2023.

Kepala DPMD Kabupaten Bojonegoro Machmuddin menjelaskan saat ini Pemkab Bojonegoro terus berusaha meningkatkan status jumlah Desa Mandiri di Kabupaten Bojonegoro. Sebab, IDM bertujuan mengukur pembangunan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang.

“Bidang yang dimaksud meliputi pendidikan, kesehatan, infrastruktur energi, air bersih, komunikasi, transportasi, pelayanan umum, penyelenggaraan pemerintahan dan ekologi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Machmuddin menuturkan target peningkatan IDM sesuai hasil koordinasi dengan Tenaga Ahli (TA), Pendampil Desa (PD), dan Pendamping Lokal Desa (PLD). Ditargetkan ada peningkatan jumlah Desa Mandiri.

Untuk Itu saat ini juga dilaksanakan pemutakhiran data yang dilaksanakan oleh Desa dan didampingi PLD.

Artinya IDM dari jumlah sebelumnya Desa berstatus Desa Mandiri sebanyak 155 desa, Desa Maju ada 251 desa, dan Desa Berkembang ada 13 desa Pada tahun 2022. Diproyeksi pada tahun 2023 untuk Desa Mandiri sebanyak 251 desa, dan proyeksi Desa Maju ada 168 dan nol untuk Desa Berstatus Berkembang.

“Namun Belum ada rekapitulasi dari Pusat, Rencana penarikan data IDM akhir Bulan Juni 2023,” pungkasnya.

Reporter : Muri / Rilis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"