Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 21 Desember 2023

Babinsa Gili Ketapang Bantu Proses Vaksinasi PMK pada Hewan Ternak Warga

Probolinggo, SNN.com - Serda Abd.aziz Babinsa Gili ketapang Koramil 0820/ 06 Sumberasih bersama Petugas dari Keswan dan kesmavet melaksanakan Suntik Vaksin PMK bertempat di desa Gili ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, Kamis (21/12).

Saat kegiatan tersebut, Serda Abd.aziz mengatakan, bahwa selain untuk menekan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), upaya itu juga sebagai upaya menjaga kesehatan ternak warga, secara berkala dan berkesinambungan sebagai sarana komunikasi sosial dengan warga. 

Lanjut Abd.aziz mengutarakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya. Dan, sebagai aparatur kewilayahan, dirinya mengaku wajib melakukan pendampingan, guna memastikan program pemerintah itu berjalan baik dan aman.

Danramil 0820/ 06 Sumberasih Kapten Arh I Made Lugianta saat kami wawancarai menyatakan, bahwa kegiatan pemantauan ini terus dilakukan secara masif oleh Babinsa jajarannya.kegiatan pemantauan ternak ini, sangat mengapresiasi sekali, karena terbukti mampu menghambat laju angka penyebaran diwilayahnya, Jelas Danramil Wonoasih.

"Ini sebagai langkah mengantisipasi dan mencegah agar hewan ternak milik warga tidak terpapar dan tertular PMK," ucapnya.

Vaksinasi ini bertujuan memberikan kekebalan terhadap hewan ternak agar tidak mudah terserang wabah PMK. Pihaknya pun menghimbau kepada warga yang memiliki hewan ternak sapi dan kambing agar menjaga kebersihan kandang.

"Segera laporkan kepada pihak terkait apabila ada indikasi hewan ternak piaraannya sakit untuk mendapatkan penanganan," pungkasnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"