Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 01 Desember 2023

Cepat dan Sigap, Babinsa Koramil 0812/26 Pucuk Bantu Evakuasi Pohon Tumbang dan mengurai kemacetan

Lamongan, SNN.com - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan banyak kejadian seperti pohon tumbang yang berada di jalan poros pertigaan pucuk ke utara menuju arah Kecamatan Sekaran, tepatnya di Desa Pucuk Kecamatan Pucuk, jumat (01/12/2023). 

Beruntung saat kejadian pohon tumbang tidak ada masyarakat yang sedang melintas, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Koptu Agung yang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di daerah lokasi tumbangnya pohon, begitu mendapat informasi dengan sigap langsung melakukan gerak cepat dengan mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna membantu evakuasi pohon tumbang tersebut.

Setelah melaksanakan evakuasi, Koptu Agung menyampaikan bahwa dengan kecepatan penanganan bencana seperti ini, kerugian akan dapat diminimalisir, apalagi pohon tumbang ini menimpa badan jalan. Untuk itu harus segera dilakukan untuk pembersihan agar lalu lintas bisa kembali berjalan normal. 

Koptu Agung juga menjelaskan, tumbangnya pohon sesuai informasi yang didapat terjadi akibat hujan deras yang disertai angin kencang.

“Untuk mengatasi hal tersebut, saya  selaku Babinsa harus bergerak cepat membantu evakuasi dan mengajak masyarakat membersihkan pohon tumbang tersebut." Karena pohon tumbang terjadi di badan jalan, sehingga kami harus cepat melakukan evakuasi agar menghindari kemacetan” Ungkapnya.

Menurut Koptu Agung, dirinya  juga sudah menghubungi instansi terkait untuk melakukan upaya dan tindakan dalam evakuasi pohon yang tumbang ini.

“Saya berkewajiban untuk mengingatkan dan menghimbau semua pihak khususnya warga masyarakat, dengan keadaan kondisi cuaca saat ini untuk berhati-hati dan mengantisipasi segala kemungkinan bencana yang timbul. Kami dibantu dari Personil BPBD, Dishub, Polsek, Satpol PP dan juga Masyarakat. ”Ujarnya.

Memasuki musim hujan seperti ini ada kerawanan terjadi bencana alam. Bencana Alam yang perlu diantisipasi diantaranya banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang yang dapat menyebabkan kerugian materiil bahkan korban jiwa apalagi di musim hujan seperti ini, "ungkapnya. (Pendim 0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"