Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 09 Juni 2023

Wujud Syukur dan Lestarikan Budaya, Desa Kumpulrejo Parengan Tuban Gelar Tradisi Sedekah Bumi

Tuban, SNN.com - Sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rizki dari Tuhan Yang Maha Esa, warga Desa Kumpulrejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban hari ini menggelar kegiatan sedekah bumi, Jumat (09/06/2023).

Kegiatan yang berlangsung di lokasi cungkup Dewi Sri Dusun Krasaan Desa Kumpulrejo tersebut, dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Tuban, Forkopimka Parengan, Kepala Desa Kumpulrejo beserta perangkat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para tamu undangan dan warga setempat.

Pada pagi hari acara diawali dengan
membawa tumpeng dan berbagai macam makanan hasil pertanian warga setempat, dilanjut kan dengan doa bersama dan pertunjukan seni langen tayub.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kumpulrejo Kunarsono mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, yang telah membantu terlaksananya acara Sedekah Bumi dengan lancar dan tertib.

Ia juga menyampaikan, bahwa acara ini merupakan tradisi yang diwariskan oleh leluhur dan sepatutnya untuk terus dijaga dan dilestarikan.

"Sedekah Bumi merupakan wujud rasa syukur kita, semoga dengan adanya kegiatan ini akan mempererat kebersamaan dan kerukunan antar warga," ungkapnya.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Tuban Imam Sutiono menyampaikan, melalui momen ini masyarakat Desa Kumpulrejo bisa semakin guyub rukun dan bersatu dalam melakukan kegiatan apapun di desa. 

"Sisi positif yang lain dari tradisi ini adalah mengenalkan sejarah maupun kebudayaan yang ada didesa kepada para generasi peneru," ujar Imam.

Hingga berita ini ditulis, rangkaian acara Sedekah Bumi Desa Kumpulrejo masih berlangsung dan memasuki pertunjukan gelar seni langen tayub hingga malam hari.

Reporter : Muri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"