Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 22 Desember 2018

Angkringan pojok Desa Solidaritas Kepala desa Gunung kidul resmi dibuka

Yogyakarta, Gunung kidul, sorotnuswantoronews.com - Solidaritas kepala Desa Gunung kidul 21/12/2018 resmi membuka Angkringan pojok Desa di rumah makan numani jl Baron km 3.

Acara ini juga dihadiri 200 undangan diantaranya Kepala Desa, sekdes,dukuh,kasi kaur juga 80 perangkat disamping itu juga dihadiri dari kajari, Kapolres, Dandim, kepala OPD juga Bupati.

Dalam sambutanya ketua Solidaritas Kepala desa Gunung kidul mengatakan bahwa Solidaritas ini terbentuk setelah kepala Desa mengkuti pawiyatan pamong sehingga banyak ilmu yang disebut ilmu kasunyatan *Sejatining urip iku kudu urup* terbentuknya dengan adanya UU nomor 13 th 2012 tentang Keistimewaan DIY dan UU 6 th 2014  tentang Desa,untuk mengimplentasikan desa di DIY agar mandiri, berdaulat, demokratis, berkarakter, berbudaya Yogya istimewa. Semua itu membutuhkan kebersamaan nyawiji golong gilig.Solidaritas ini sebagai sarana komunikasi agar dalam menjalankan pemrintahan sesuai regulasi dan komunikasi yang baik antara kepala desa, pemerintah daerah juga penegak hukum.

Disinggung soal Solidaritas ini Sutiyono menjelaskan bahwa Solidaritas ini bukan tandingan dari Semar tetapi Paguyupan solidaritas Alumni pawiyatan kepala desa se Gunung kidul  dan kebetulan yang menjadi ketua Sutiyono,kalau Ketu umum solidaritas pawiyatan DIY beliau GKR mangkubumi. Semar adalah paguyupan kepala desa dan perangkat desa se kabupaten Gunung kidul dengan mensikapi situasi beban Desa agar mandiri, berdaulat dan demokratis perlu yang kuat jangan sampai sebagai korban regulasi dan di ekploitasi kewenangan dan juga jangan sampai hukum tajam kebawah namun tumpul keatas,keras untuk yang lemah taou lunak untuk yang kuat


Sutiyono juga menambahkan bahwa Angkringan pojok Desa ini sebagai sarana diskusi tentang penyelenggaraan pemerintah desa agar sesuai dengan peraturan perundang- undandangan  melalui dari perencanaan,pelaksanaan sampai pertanggung jawaban. Angkringan pojok desa Solidaritas ini mengambil slogan *witing ngerti jalaran komunikasi*  dengan demikian Angkringan ini bisa berjalan tiap bulan ke desa se Gunung kidul. sehingga kegiatan ini nantinya bermanfaat untuk desa se kabupaten Gunung kidul dan bisa membantu pemerintahan kabupaten gunung kidul untuk menjadikan Gunung kidul yang maju,makmur dan Sejahtera," pungkas Sutiyono

Reporter : mas pay
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"