Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 13 Desember 2018

Perpustakaan Semanding Di Resmikan Bupati Tuban

Tuban,sorotnuswantoronews.com - Bupati Tuban, H Fathul Huda, meresmikan Perpustakaan Umum Kecamatan Semanding, Rabu ( 12/12/2018 ).

Acara ini turut di hadiri Forum Pimpinan Kecamatan Semanding, Kepala Satuan Kerjan Instansi Pemerintah, Kepala Desa dan Tim Penggarak PKK wilayah setempat serta Kepala Sekolah, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kecamatan Semanding.

Dalam sambutannya, Bupati memberikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta semua penggerak Perpustakaan yang ada di Kabupaten Tuban. Bahkan dengan inovasi yang telah
di laksanakan dalam memberikan pelayanan publik telah berhasil menghantarkan Dispersip mewakili
Tuban dan berhasil mendapatkan penghargaan dari Jawa Pos Group beberapa saat yang lalu.

" Ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban yang harus terus di kembangkan," paparnya.

Di sisi lain, Pria yang memimpin Tuban dua periode ini menyampaikan akan pentingnya membaca buku. Cepatnya perkembangan jaman saat ini menuntut masyarakat untuk pandai dan gemar membaca.

Bupati mencontohkan, saat ini masyarakat di Indonesia telah pandai membaca internet atau membaca
pesan melalui Whatsapp atau sejenisnya. Akan tetapi kevalidan yang di dapat tidak seperti membaca buku. Itu karena di dalam buku jelas memuat tentang penerbit, penulis, halamannya, dan ijin terbitnya.

" Isi buku bisa di pertanggung jawabkan, tapi kalau hanya mengandalkan Whatasapp tidak semuanya bisa di pertanggung jawabkan," jelas Bupati Huda.

Oleh karena itu, Bupati berharap, agar kedepannya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bisa membuat
perpustakaan digital yang juga referensinya harus sudah legal dan valid.

“Jadi apabila mengakses buku yang sudah valid dan legal apapun hasil yang kita cari bisa di pertanggung jawabkan," imbuhnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa memasuki dunia yang serba digital ini, semakin memicu persaingan ilmu pengetahuan dan persaingan tersebut sangat ketat sehingga masyarakat harus di persiapkan.

Bahkan semakin maju industri, maka semakin berkurang tenaga kerja, bahkan Setiap tahun dapat
di perkirakan akan mengikis tenaga kerja sekitar 57 ribu. Di sinilah yang harus kita lakukan bersama, bukan hanya membangun SDA, tapi di imbangi dengan pembangunan SDM.


" Kita siapkan anak -anak kita betul -betul siap yang bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, dan perkembangan jaman.Kuncinya adalah dari membaca," terang Bupati Huda.

Maka dari itu saat ini perlu di siapkan perpustakaan baik yang ada di Kecamatan ataupun Desa, yang
nantinya harus di kemas semenarik mungkin untuk pembaca seperti halnya membaca berita - berita melalui HP ataupun Televisi.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Joko Priyono SH,
M.Hum, juga menyampaikan pentingnya layanan perpustakaan secara merata di wilayah masing -masing. Perpustakaan menurut Joko sebagai wahana belajar sepanjang hayat sehingga mempuyai peran yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan upaya kualitas hidup ke arah yang lebih baik.

Joko mengatakan bahwa Dinasnya menargetkan nantinya di tiap Kecamatan memiliki perpustakaan
umum, adapun hingga bulan Desember 2018 ini, sudah terdapat 12 Perpustakaan umum se -Kabupaten Tuban.

" Semoga tahun depan bisa bertambah lagi." tambah pria berkacamata ini.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"