Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 27 Desember 2018

Kabupaten Tuban Launching Penggilingan Padi Program Hulu Hilir Argo Maritim Jawa Timur

Tuban, sorotnurwantoronews.com - Bupati Tuban, melaunching  Penggilingan Padi Program Hulu Hilir Agro Maritim Jawa Timur di Kabupaten Tuban, Jumat (21/12). Berlokasi di Desa Ngadirejo, Widang, kegiatan ini turut di hadiri Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan  ( DPKP ) dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan ( Diskoperindag ) Kabupaten Tuban, Camat Se -Kabupaten Tuban dan Kepala Desa beserta perangkat Desa Ngadirejo.

Gudang penggilingan gabah sekaligus produksi beras ini memiliki luas 1.006 meter persegi yang terdiri dari gudang produksi yang memiliki dua mesin dryer yang masing -masing berkapasitas 30 ton dan 6 ton dan mampu memproduksi beras 36 ton per hari. Gudang tersebut secara mandiri di kelola oleh Gapoktan Tri Mulyo Tani yang beranggotan 603 petani dengan luas lahan garap mencapai 261 hektar. Adapun hasil produksi beras oleh Gapoktan ini memiliki kualitas medium hingga premium.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda pada kesempatan ini menyampaikan bahwa program tersebut merupakan program strategis apabila dapat di kelola dengan baik. Program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan petani karena memiliki nilai tambah, selain itu juga solusi penampung gabah saat panen raya.

Oleh karena itu, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terkait. Terima kasih juga kepada Dinas Pertanian Provinsi Jatim yang telah memilih Kabupaten Tuban sebagai pilot project pengembangan program tersebut, paparnya.

Bupati Huda merasa yakin dan optimis pada pemasaran beras yang di produksi.  Lebih lanjut, keberadaan gudang penggilingan tersebut merupakan permulaan. Perlu adanya peningkatan kualitas SDM untuk dapat mengolah gabah menjadi beras siap jual. Tidak hanya itu, sangat penting membangun jaringan guna mendukung pemasaran yang lebih luas.

Orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini menambahkan, Kabupaten Tuban saat ini mengalami surplus beras, sehingga di harapkan akan mencukupi ketersediaan beras lokal untuk konsumsi masyarakat Kabupaten Tuban.

Saya harap ke depannya beras  dari sini bisa menyuplai semua wilayah Kecamatan, terang Bupati.

Sementara itu, Kepala DPKP Kabupaten Tuban, Murtadji menyatakan bahwa program Hulu Hilir Maritim di laksanakan di lima kabupaten di Jawa Timur. Dan sampai saat ini, Kabupaten Tuban menjadi yang terbaik dalam pelaksanaannya, terangnya.

Program ini di buat untuk mempermudah petani dalam hal pengolahan dan pemasaran, sebab selama ini petani di anggap masih kesulitan dalam dua hal tersebut.

Selama ini pertanian kita masih pada pengaturan di hulu saja, dengan adanya program ini, masalah pemasaran di harapkan tidak jadi masalah lagi bagi petani kita, tambahnya.

Adapun di pilihnya Kecamatan Widang sebagai Pilot Project karena di nilai memiliki karakteristik yang mampu melaksanakan tanam padi hingga tiga kali dalam setahun dan demi keberhasilan program tersebut, pendampingan langsung di berikan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban maupun Provinsi, serta Dewan Riset Daerah Jawa Timur.

Murtadji menambahkankan bahwa dengan Program Hulu Hilir Agro Maritim dari Pemprov Jawa Timur, Gapoktan Tri Mulyo Tani mendapat modal pinjaman sebesar Rp. 9,6 miliar dengan bunga 6 persen per tahun dari Bank Jatim. Program ini program mandiri di mana semua pembelian alat dan pengelolaan di lakukan secara mandiri oleh anggota Gapoktan.

Sedangkan untuk pemasarannya, saat ini telah bekerja sama dengan bank BNI 46 melalui agen BNI 46 yang menjadi penyedia beras dalam Program Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) serta dengan Bank atau Lembaga lainnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Tuban bersama rombongan menyaksikan proses kerja mesin penggiling padi hingga menjadi beras dan siap jual, di pandu oleh Kepala Desa Ngadirejo Suwandi, Bupati berkeliling keseluruh area gudang dan melihat bagaimana alat - alat tersebut bekerja.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"