Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 11 Desember 2018

KPU Jawa Timur Gelar Rapat Pleno Penyempurnaan DPTHP-2 Pemilu 2019

Surabaya, sorotnuswantoronews.com - Dalam kontek penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 yang menjadi isu seksi dan sekaligus bahan pembicaraan publik. Bahkan, di beberapa layar kaca bisa disaksikan betapa pentingnya DPT dan menarik minat banyak orang dalam membahas sekaligus mendikusikannya.

Demikian dikatakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito saat sambutan dan sekaligus membuka acara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi  Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) Tingkat Provinsi Jawa Timur, yang dilaksanakan hari ini (10/12) di Hotel Elmi Surabaya.

“Berdasarkan surat edaran Ketua KPU RI Nomor 1429/PL.02.1-SD/01/KPU/XI/2018 perihal perpanjangan masa kerja penyempurnaan DPTHP selama 30 hari, maka acara hari ini adalah memberikan pemaparan kepada Partai Politik terhadap Rekapitulasi DPTHP-2,” ujar Eko.

“Rekapitulasi Penyempurnaan DPTHP-2 yang dipaparkan hari ini, tersebar di 38 Kabupaten/Kota, 666 Kecamatan, 8.497 Kelurahan/Desa, mencakup 30.912.994 pemilih” ujar Komisioner KPU Jatim Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam.

Disela-sela acara yang berlangsung mulai pukul 09:00 tersebut, peserta dari Partai Politik menyampaikan hal senada, “Sangat penting acara penyempurnaan hari ini, agar dikemudian hari tidak ditemukan persoalan mengenai DPT” kata Muhammad, SE, Caleg DPRD Provinsi Jatim Dapil 13 (Lamongan-Gresik) Partai Berkarya.

Rapat Pleno Penyempurnaan DPTHP-2 Pemilu 2019 berlangsung selama cukup padat dan singkat, dengan mendengarkan masukan dari beberapa Partai Politik peserta Pemilu, sehingga sebelum ishoma didapat kesimpulan yang sangat rinci kami terima” tutur Ari Prabowo, salah satu LO yang mendapatkan mandat resmi dari Pimpinan DPW Partai Berkarya Jawa Timur.

Dari rekapitulasi 30.912.994 pemilih, termasuk didalamnya adalah 63.458 pemilih dari penyandan Disabilitas, meliputi 20.728 Tuna Daksa, 9.212 Tuna Netra, 9.837 Tuna Rungu/Wicara, 7.968 Tuna Grahita serta Disabilitas lainnya 15.713.

“Data terinci tersebut yang hari ini kami serahterimakan kepada Partai Politik peserta Pemilu, juga kami berikan salinannya kepada KPU RI, Bawaslu Provinsi Jawa Timur, serta Instanti terkait di Wilayah Jawa Timur” pungkas Eko Sasmito.

Reporter : Achmad Wafa Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"