Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 25 Februari 2023

Gubernur Jawa Timur Salurkan 2.733 Bantuan untuk Korban Terdampak Banjir Bengawan Jero

Lamongan, SNN.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi salurkan 2.733 bantuan secara simbolik untuk korban terdampak banjir Bengawan Jero di Desa Sidomulyo, Deket Lamongan, Jumat (24/2).

Bantuan tersebut berupa paket sembaako (600 paket), paket sandang (60 paket), paket kebersihan keluaraga, glangsing (2000 lembar), popok bayi (8 karton), Jumbo bag (8 karton), Tikar (25), yang akan didistribusikan ke 58 desa yang tersebar di 8 kecamatan. 

Melihat status Bengawan Jero yang siaga merah, Khofifah mengungkapkan Pemprov Jatim bersama Pemkab Lamongan akan merekontruksi Pintu Kuro untuk penanganan banjir di Lamongan. 

“Harus dicari titik yang paling signifikan agar bisa segera dilakukan proses rekontruksinya. Pintu Kuro menurut tim teknis ini merupakan salah satu yang paling signifikan,” tutur Khofifah. 

Setelah melakukan koordiansi antara Pemprov Jatim, Pemkab Lamongan dan BBWS, kata Khofifah, diperkirakan perbaikan pintu kuto akan memakan dana sebesar 65 milyar. 

“Kita butuh sekitar 65 milyar, 1/3 dari Pemkab Lamongan, 2/3 dari provinsi. Sepulang dari sini saya akan segera koordinasikan dengan pak Sekda Provinsi, agar proses penangan ini lebih terukur, proses penanganan ini belum selesai karena ada dua titik simpul. Kita ingin bagaimana merekontruksi pintu keluar air kuro, dan kita akan meminta ke kementrian PUPR karena ini kewenangan dari kementrian PUPR,” imbuh Khofifah. 

Lebih lanjut, Khofifah mengungkapkan, meskipun BBWS kewenangan pusat dan kementrian PUPR, Khofifah akan terus mengupayakan agar permasalahan tersebut mendapatkan prioritas penanganan. 

Sementara, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, terdapat dua kunci penanganan bengawan solo yaitu di pintu keluar kuro dan fambak ombo. 

“Ada dua kunci penanganan di bengawan jero ini, di pintu keluar kuro dan dan tambak ombo, dan kita fokuskan di penanganan pintu kuro yang kondisi pintu airnya sudah lapuk karena lama, dan kita sepakat ini segera mungkin akan kita perbaiki menggunakan dana BTT dan gotong royong dari Kabupaten, provinsi, kita satukan agar segera ada kejelasan,” kata orang nomor satu di Lamongan. 

Untuk menunjang efektifitas penanganan luapan air Bengawan Jero tersebut, kedepan akan dilakukan normalisasi sungai oleh BBWS dan pusat. Selain itu, untuk memastikan aliran air keluar secara normal di pintu kuro Gubernur Khofifah didampingi Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan meninjau secara langsung pintu kuro. (Zainal A).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"