Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 24 Februari 2023

Pemkab Kepulauan Aru Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Kepulauan Aru, SNN.com - Mengusung tema :"Tuntas Kelolah Sampah Untuk Kesejahteraan", Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru menggelar acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional(HPSN) Ke-18, Jumat (24/2/2023).

Acara tersebut digelar di Dermaga Pelabuhan Ferry Dobo dan dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Aru, dr Johan Gonga. 

Dalam sambutannya, bupati dua periode ini menyampaikan bahwa, pada penyelenggaran HPSN 2023, dilakukan kegiatan berfokus pada pengelolaan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencapai target zero emisi yang dilaksanakan melalui bulan peduli sampah nasional.

Olehnya, selama bulan februari melalui ragam kegiatan peduli sampah tingkat nasional dan daerah yang dilaksanakan oleh pemerintah/pemerintah daerah, dunia usaha dan elemen masyarakat meliputi :
A. Penyelenggaraan dan peringatan HPSN 2023 di seluruh wilayah diindonesia.

B. Peningkatan seluruh TPA di seluruh indonesia untuk mengimplementasikan metode pengelolaan controlled/sanitary landfill dengan pemanfataan gas metan.

C. Penguatan kegiatan pemilahan di sumber dan pemanfaatan sampah sebagai bahan baku daur ulang ditingkatkan secara optimal.

D  Emisi gas rumah kaca melalui psel (pengolahan sampah menjadi energi listrik) RDF (refuse derived fuel.

E. SRF (solid recorvered fuel), biodigester dan pengolahan sampah dengan teknologi black soldier fly (maggot).

F. Membangun partisipasi masyarakat melalui pilah dan olah sampah dari rumah sebagai upaya mengurangi timbulan sampah ke TPA.

G  Membangun partisipasi publik untuk pengurangan sampah dan peran industri menjadikan sampah sebagai bahan baku industri bahan baku daur ulang.
"Dan yang terakhir membangun rantai nilai pengelolaan sampah dan peran pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan zero emisi dan kampanye publik untuk mengajak stakeholder melakukan aksi yang mendukung target pengelolaan sampah yang mendukung zero emisi," jelasnya.

Sementara pantauan Sorot Nuswantoro News, Turut hadir Wakil Bupati Muin Sogalrey, Sekda  Yakob Ubyaan, Ketua DPRD Udin Belsiguay, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Ece Ferninandus serta Unsur Forkopinda setempat.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"