Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 25 Februari 2024

Babinsa Koramil Kedungadem Bojonegoro Tinjau Semburan Lumpur Beraroma Belerang

BOJONEGORO, SNN.com - Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, kembali digegerkan adanya semburan lumpur yang keluar dari sumur bor berbau belerang. Sumur yang pernah dibor tiga tahun lalu itu, tepatnya di Dusun Sanggar, RT.022 RW.007 Desa Sidomulyo.

Sumur bor yang pernah menyemburkan lumpur berbau belerang pada tanggal 26 Desember 2023 silam, kini kembali menyembur, Minggu (25/02/2024) sekira pukul 10.00 WIB.

Samiren (69), menjelaskan, suara gemuruh ia dengar dari dalam rumah, kemudian bergegas untuk keluar untuk melihat. Ia bercerita, pihak Pemerintah Desa bekerja sama dengan Pertamina sudah melakukan pengecoran di area sumur bor yang berada di halaman rumahnya. 

"Padahal sudah di cor lapis tiga oleh Pertamina, tapi masih keluar semburan lagi disampingnya," tuturnya.

Menurutnya, pengecoran yang sudah dilakukan oleh pertamina termasuk sudah kuat, untuk lebarnya sendiri 3 meter persegi dan ketebalan 40 Cm. "Sudah dikerjakan selama 26 hari, minggu ini libur para pekerjanya, kok nyembur lagi," keluhnya. 

Sementara itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Kedungadem Kodim 0813 Bojonegoro, Serka Yuda Triwidiyantoro, yang mendapat laporan dari Perangkat Desa Sidomulyo, langsung menuju ke tempat kejadian. Dilokasi, Dia menenangkan Samiren beserta istri untuk kuat dan tabah menghadapi musibah yang mereka hadapi, dan menghimbau kepada warga agar tidak terlalu mendekat kelokasi semburan. 

"Saya berharap Pemerintah Kabupaten segera menindaklanjuti agar tidak merembet dan menggerus tanah karena dikhawatirkan terjadi kelongsoran," katanya. 

Saat ini, pihak Polsek Kedungadem sudah memasang Police Line di area semburan sumur bor, sementara pihak BPBD Kabupaten Bojonegoro juga sudah mengambil sampel air semburan lumpur berbau belerang dan di teruskan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro untuk di uji lebih lanjut.

Reporter : Muri / Hum Kodim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"