Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 17 Februari 2024

BPS Aru Gelar Forum Group Discussion

Kepulauan Aru, SNN.com - Dalam rangka mendiskusikan berbagai permasalahan pengumpulan dan publikasi data sektoral, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Aru menggelar Forum Group Discussion (FGD).

Kegiatan yang digagas oleh Kepala BPS Aru, George Reinnold Loupatty difokuskan di Lantai II Kantor Bupati Kepulauan Aru dan dibuka secara  langsung oleh Bupati dr. Johan Gonga, Jumat (16/2/2024).

Dalam sambutannya, Bupati dua periode itu menyampaikan, hasil penilaian IPSS tahun 2023, angka IPS Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru sebesar 1,43 poin dengan predikat kurang.

"Angka ini menjadi cerminan dan evaluasi kita bersama untuk perlu adanya perbaikan tata kelola data sektoral ke depan," tandas Gonga.

Lanjut ia meminta dinas kominfo selaku wali data SDI, Bapelitbang selaku sekretariat SDI untuk berkoordinasi dengan BPS selaku pembina data untuk melakukan persiapan, pembinaan dan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral kepada instansi/OPD guna persiapan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral tahun 2024.

"Hal ini sangat penting karena kita telah menetapkan target untuk IPS tahun 2024 sebesar 3,00. Nah, guna mencapai target itu maka dibutuhkan kerja keras yang saling kolaboratif antara pembina statistik, wali data, sekretariat satu data, dan produsen data di daerah ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BPS Kabupaten Kepulauan Aru, atas kerja kerasnya dalam menyediakan data-data strategis untuk menjadi ukuran kinerja Pembangunan Daerah dalam kerangka mewujudkan suatu data.

"Kepada Baplitbangda, Diskominfo, Dinas PMD, BPS, camat, dan pemerintah desa saya minta agar terus berkolaborasi melakukan pembinaan dalam menghasilkan data di tingkat desa melalui program “Baku Kele Kalesang Desa Pake Data,"  harap Gonga.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"