Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 05 Februari 2024

Lanal Aru Evakuasi 12 ABK KM Bayu Sentosa III Ke RSUD Cenderawasih Dobo

Kepulauan Aru, SNN.com - Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru melaksanakan evakuasi 12 orang ABK KM. Bayu Sentosa III, korban kecelakaan laut di perairan Amar Timika yang tiba di pelabuhan Yos Sudarso Dobo, Senin (5/2/2024).

5 orang diantaranya yang mengalami luka bakar akibat insiden tersebut langsung dilarikan ke RSUD Cenderawasih Dobo menggunakan mobil Ambulance milik Pangkalan TNI AL Aru untuk mendapatkan Penanganan medis lebih lanjut.

Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Prasetiyo Agus Hariadi, S.E. ,M. Tr.Opsla kepada Sorot Nuswantoro News.com menjelaskan bahwa, kapal milik pengusaha yang kesehariannya disapa Bos Rembo itu dinahkodai oleh Tjeng Beng alias Cham Thao.

Kapal bertonase 109 GT ini melaksanakan aktivitas mencari ikan di laut (Fishing Ground) di perairan laut Amar Timika dengan titik koordinat (L:4,44,500) (B:136,00,000) kurang lebih 20 NM dari daratan.

"Naasnya, pada hari minggu tanggal 04 Februari 2024, sekira pukul 04.00 WIT, kapal tersebut mengalami kebakaran dikarenakan tersambar petir di bagian palka depan yang berisikan BBM Solar," jelas Danlanal.
Adapun nama-nama ABK KM. Sentosa III, tambah Danlanal, 5 orang yang mengalami luka bakar akibat insiden itu yakni Baharudin, Alfin, Adis Febrianto, Ridwan, dan Ahmad Sari.

Sementara 7 orang dalam keadaan sehat yakni Andi, Edi Saputra, Heriyanto, Muhammad Rizky, Sawal Sabani, Zahmor, dan Kusnadi (Kepala Kamar Mesin). 

"diketahui 1 orang sampai saat ini belum diketemukan (hilang) namanya Tjeng Beng/Cham Thao (Nahkoda Kapal) Nah, sampai saat ini Tim Gabungan SAR Timika masih melaksanakan pencarharian. Kita doakan semoga ABK yang hilang bisa ditemukan dalam keadaan selamat," harap Danlanal.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"