Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 13 Februari 2024

Rumah Tidak Layak Huni Yang Roboh 13 Januari Sampai Sekarang Belum Ada Perhatian Pemerintah

Kepulauan Aru, SNN.com - Salah satu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Kepulauan Aru, yang roboh sejak tanggal 13 Januari 2024 sampai sekarang belum ada perhatian dari Pemerintah Daerah. Rumah tersebut belokasi di Jalan Mutiara Kampis 2, RT 21 Keluarahan Galaydubu, Kecamatan Pulaua-Pulaua Aru. Korban atas nama Nyongki Welay bersama isteri dan anak-anak untuk sementara numpang di rumah tetangga.

Berdasarkan keterangan warga setempat bahwa rumah tersebut saat roboh pada jam 11 siang hari sabtu tanggal 13 Januari, benar tidak ada angin dan hujan, tetapi sebelum rumah tersebut roboh, sempat terjadi badai angin dan hujan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Aru, Berty Imuli, yang di konfirmasi melalui WhatsApp-nya, menjelaskan bahwa sesuai hasil identifikasi dari pegawai BPBD yang turun di lokasi, ternyata rumah tersebut roboh bukan karena angin kencang/ bukan karena bencana, tetapi di duga karena rumah sudah Kumuh/tua dan di duga tidak pernah dirawat oleh pemilik rumah. 

“Pegawai sudah turun dan lakukan identifikasi, ternyata rumah roboh bukan karena angin kencang/ bukan karena bencana. Diduga rumah sudah tua dan tidak pernah dirawat”. Tulisnya.  

Dikatakan, terkait dengan Rumah Kumuh, rumah tidak layak huni, jalurnya adalah lakukan pendaftaran di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman untuk dapat bantuan pembangunan rumah. 

“Jalurnya segera mendaftar di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman untuk dapat bantuan pembangunan Rumah, bukan atas nama bencana”. Tulisnya dalam WhatsApp. Terkait dengan perhatian Pemda Kabupaten Kepulauan Aru, kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Aru, Tonci Koljaan, S.Sos melalui telphon selulernya, mengaku pihaknya telah menyalurkan Sembako berupa beras dan makanan siap saji.

"Saat kejadian kami sudah langsung turun untuk menyalurkan bantuan sembako kepada keluarga, berupa beras dan makan siap saji”. Ujarnya. (Moses)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"