Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 14 Desember 2022

Danlanal Aru Kunjungi Kampung Bahari Nusantara di Desa Jabulenga


Kepulauan Aru, SNN.com - Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, S.Sos, M.A., CHRMP melaksanakan peninjauan Kampung Bahari Nusantara di Desa Jabulenga, Kecamatan Pulau - pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Rabu (14/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut, orang nomor satu di Lanal Aru didampingi Ketua Jalasenastri cabang 4 Korcab IX Dja III Lanal Aru Ny. Refrina Heru mengecek infrastruktur dan sarana pendukung pelayanan lainnya di Kampung Bahari Nusantara di Desa Jabulenga.

Dalam sambutannya,  Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, mengatakan, Kampung Bahari Nusantara ini merupakan ide atau gagasan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dengan tujuan memberdayakan warga pesisir agar potensi daerah dapat dimanfaatkan secara optimal, sehingga mampu lebih mensejahterakan masyarakat di pesisir Nusantara.

"Program ini dilaksanakan di seluruh wilayah Pangkalan TNI Angkatan Laut, baik Lantamal maupun Lanal," ujarnya

Program Kampung Bahari Nusantara tambah Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dengan lima program klaster, yaitu pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan.


Bahwa Kampung Bahari Nusantara di Desa Jabulenga adalah kampung binaan TNI Angkatan Laut untuk percepatan pembangunan wilayah pesisir dan dihari ini direncanakan untuk dilakukan pengresman namun Kasal Laksamana TNI Yudo Margono
sementara dalam persiapan pelantikan sebagai panglima TNI sehingga Pengresmiannya ditunda.

"Nah, hari ini kita melaksanakan peninjauan guna mengetahui sejauh mana perkembangan dari Program Kampung Bahari Nasional di Desa Jabulenga yang berada di wilayah kerja Pangkalan TNI Angkatan Laut Aru dengan satu harapan besar masyarakat yang berdomisili di seluruh pesisir nusantara lebih khusus pesisir wilayah Kepulauan Aru termasuk Desa Jabulenga dapat lebih maju dari sisi pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan," ucapnya.
.

Terpisah Kepala Desa Jabulenga Titus Kolriri menyampaikan terimakasih kepada Lanal Aru yang sudah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan dengan hadirnya Kampung Bahari Nusantara di Desa Jabulenga beserta program-programnya akan mampu mengedukasi dan membantu serta lebih mensejahterakan masyarakat dan nelayan di Desa yang dia pimpin.

"Ini merupakan wujud nyata kepedulian Lanal Aru terhadap seluruh masyarakat, terutama bagi masyarakat Desa Jabulenga yang kesehariannya menggantungkan hidup di laut," ucap Kolriri.
 
Sementara pantauan Sorot Nuswantoro News.com di Desa Jabulenga, dalam peninjauan tersebut Lanal Aru yang dinahkodai Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat setempat sebagai penunjang lima klaster KBN di Desa Jabulenga.

Adapun rincian bantuan perlengkapan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa Jabulenga sebagai berikut

Untuk Klaster Pendidikan, Lanal Aru menyerahkan buku Perpuatakaan sebanyak 450 buah, buku edukasi PAUD sebanyak 750 buah. Selain itu, diserahkan pula perlengakapan permainan PAUD berupa 1 set ayunan, 1 set jangkit, 3 buah Scooter Roda Tiga, 2 unit rak buku, 1 unit meja belajar, 8 unit,.

Pada Klaster pendidikan Lanal Aru juga melaksanakan perbaikan PAUD KB Kavora meliputi Pengecatan, Perbaikan Plafon yang jebol, Pemasangan Papan Nama PAUD dan Pembuatan Lukisan Dinding Paud.

Untuk Klaster Ekonomi Lanal Aru memberikan bantuan berupa Mesin Penggilingan Sagu sebanyak 1 Unit dan
Tali Tampar Nilon ( Budidaya Rumput Laut ) sebanyak 2 Roll


Sementara pada Klaster Kesehatan, Lanal Aru melaksanakan kegiatan pengobatan umum gxeratis kepada Masyarakat di Pustu Desa Jabulenga, perbaikan Pustu Desa Jabulenga, pemberian bantuan alat-alat kesehatan yang diperlukan oleh Pustu sebanyak 23 buah, 
pemberian pompa air bersih dan pembuatan instalasi air bersih dari tandon warga  ke Pustu yang juga bisa dipergunakan oleh warga desa  lainnya.

Selanjutnya pada Klaster Pariwisata Lanal Aru membuat Lokasi Wisata Baru di Pulau Mairang, Pembuatan Gazebo Sebanuak 2 Unit dan Pembuatan Ayunan Untuk Spot Foto sebanyak 2 Unit

Kemudian pada Klaster Pertahanan dilaksanakan Perbaikan dan penggantian Kayu Dermaga dan Tangga Dermaga, Pengecatan Dermaga, Pemasangan Lampu Solar Sel Dermaga sebnyak 4 unit, Pembuatan Gapura KBN Desa Jabulenga, Pembutan Pos Kamling, Pengadaan Seragam Linmas sebanyak 4 orang, dan Pemberian Kaos Tim Sepak Bola Putri Sebanyak 1 Tim.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"