Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 10 Desember 2022

Tegaskan Branding Kuliner Dengan Pecel Lele Lamongan


Lamongan, SNN.com - Menjadi gudang kuliner di Nusantara, Lamongan tegaskan branding pada kuliner pecel lele khas Lamongan dengan menggelar festival 1001 pecel lele Sekar Madu, Sabtu (10/12) di Lapangan Bintang Arut Desa Sekarang Kecamatan Sekaran Lamongan. Adanya festival pecel lele ini bertujuan untuk semakin melekatkan kuliner pecel lele kepada masyarakat luas.

"Festival luar biasa ini untuk menegaskan branding kuliner kita yakni pecel lele, tentu juga agar semakin melekat bahwa pecel lele milik Lamongan dan khas Lamongan," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka festival yang masih menjadi rangkaian kegiatan HUT KORPRI ke-51.

Pertama kali digelar, festival pecel lele ini bentuk kolaborasi dari Kecamatan Sekaran dan Kecamatan Maduran yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pedagang pecel lele dan sudah menyebar hingga ke Jabodetabek atau yang tergabung dalam perantauan asal kabupaten Lamongan (PUALAM). 

"Festival ini bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Lamongan kepada duta-duta kuliner Lamongan yang tersebar ke seluruh Indonesia, bahkan mereka sudah punya komunitas sendiri," kata Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Menjadi potensi kuliner unggulan di 2 kecamatan tersebut, pedagang kaki lima (PKL) sekitar dibekali dengan pembinaan dari UMKM sekitar agar lebih berkembang dalam menjalankan usaha makanan khas Lamongan.

"Kami dari Kecamatan mengadakan pembinaan kepada PKL agar lebih berkembang dalam manajemen usaha mereka. Dan untuk yang perantau pasti sudah berdiskusi dengan komunitasnya tadi yakni Pualam," tutur Sekretaris Kecamatan Sekaran Kusairi.

Kusairi mengakatan bahwa festival ini bersifat umum dengan artian dapat diikuti oleh siapa saja yang sudah mendapatkan kupon yang telah disiapkan panitia. 1001 porsi pecel lele yang didelegasikan merupakan produksi dari 38 desa yang ada di Kecamatan Sekaran dan Maduran. 

"Panitia menyiapkan 1001 porsi, tapi tetap kita lebihkan untuk jaga-jaga pengunjung yang hadir. Panitia juga sudah menyiapkan kupon untuk transaksi penukaran dengan satu porsi pecel lele," kata Kusairi.

Kusairi juga membagikan resep pecel lele khas Lamongan yang sedap, bumbu yang digunakan terdiri dari bawang merah, cabai, tomat, dan wijen yang disangrai. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"